5 Jenis Penugasan Video dalam Kelas Digital

5 Jenis Penugasan Video dalam Kelas Digital

  • Teachmint
    Teachmint

Kita tahu bahwa pada masa ini teknologi semakin mudah diakses dan digunakan. Semakin banyak guru yang beralih ke proyek video sebagai bentuk penugasan baru daripada tugas tertulis yang lebih tradisional. Alasannya, karena cukup sulit untuk membuat siswa tetap tertarik dan terlibat dalam pembelajaran sepanjang hari jika hanya menggunakan metode tradisional.

Membuat video adalah cara yang menyenangkan dan kreatif untuk belajar tentang berbagai topik. Apalagi jika video tersebut diproduksi bersama teman-teman mereka, minat mereka akan meroket. Selain daripada itu, pembuatan video ini dapat menghilangkan tekanan sebagai guru. Meminta siswa membuat video mereka sendiri membantu mereka bertanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri. Berikut kita akan menyimak 5 tugas yang berkaitan dengan video.

Tugas Video Teks

Seringkali siswa tidak mengerjakan tugas karena menganggap tugas yang diberikan membosankan. Siswa hanya "memotong" dan "menyalin" dari buku teks. Sebenarnya, proses belajar yang menarik dapat dilakukan dengan memberi siswa tugas video teks. Siswa akan menikmati belajar saat mereka membuat tugas mereka. Lebih penting lagi, siswa akan membaca materi untuk tugas video jadi mereka akan belajar sambil bekerja.

Video dibuat untuk menyampaikan pesan yang ingin dipahami oleh pembuatnya. Dan bukan hanya visual yang membantu dalam melakukannya, tetapi teks yang digunakan adalah aspek penting lain yang membuat video tersebut dianggap berhasil. Tipografi pada video membantu siswa mempertahankan pesan dengan lebih baik. Beberapa aplikasi yang bisa digunakan adalah Typito, Quick Glance, dan iMovie.

Tugas Video Pidato

Tugas pidato memberi siswa kesempatan untuk berbicara kepada audiens. Mereka dapat melakukannya secara individu atau kelompok. Lebih dari pada itu, tugas pidato mendorong siswa untuk memahami materi pelajaran dengan cukup baik untuk mengkomunikasikannya kepada orang lain. Biasanya tugas video pidato ini digunakan dalam penugasan mata pelajaran Bahasa Indonesia atau Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).

Siswa dapat menggunakan teleprompter untuk merekam pidato mereka. Fungsi dari sebuah teleprompter adalah untuk menampilkan naskah pidato yang sudah disusun murid selagi merekam videonya. Sangat praktis, bukan? Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah Teleprompter Mirror. Teleprompter Mirror adalah aplikasi teleprompter berbasis web yang bekerja sepenuhnya di browser, komputer, atau ponsel.

Siswa dapat menyalin dan menempel teks ke jendela utama untuk memulai. Siswa dapat menyesuaikan ukuran font, kecepatan gulir, margin, dan warna teks dan latar belakang. Jika sudah mengaturnya persis seperti yang diinginkan, simpan file skrip untuk digunakan nanti.

Tugas Video Menyanyi

Ada banyak manfaat berbeda yang muncul dari kegiatan menyanyi. Ini berlaku untuk semua usia, dari masa kanak-kanak hingga remaja. Dengan latihan yang tepat, kompetensi menyanyi akan berkembang. Biasanya tugas video menyanyi diberikan pada mata pelajaran Musik. Tapi, tidak menutup kemungkinan juga bisa diberikan pada mata pelajaran lain.

Aplikasi yang bisa digunakan siswa untuk merekam video mereka adalah Sing Play. Siswa dapat diminta untuk bernyanyi sambil merekamnya. Dengan aplikasi, siswa juga dapat melakukan pengeditan dengan efek suara, tempo, nada, dan sebagainya. Selain itu, siswa dapat menggunakan semua fitur secara gratis.

Tugas Video Presentasi

Presentasi adalah bagian penting dari pembelajaran. Ini tidak hanya merangsang indera tetapi juga memiliki dampak yang lebih baik pada memori siswa karena mereka mengintegrasikan aspek verbal dan visual. Siswa dapat dengan jelas mengemukakan pandangan mereka, memberikan penjelasan, dan menerima umpan balik secara instan.

Dengan cara ini, mereka mengembangkan keterampilan berbicara serta keterampilan sosial yang dapat sangat membantu anak-anak yang menghadapi kecemasan sosial. Selain itu, presentasi sangat interaktif dan juga mengajarkan kerja kolaboratif kepada siswa.

Salah satu aplikasi yang dapat membantu siswa mengedit video mereka menggunakan Wondershare DemoCreator. Perangkat lunak ini, meskipun canggih, masih merupakan editor video dan pembuat presentasi yang ideal untuk pemula. Aplikasi yang ramah pengguna dan fitur yang mudah digunakan menjadikannya pilihan yang sangat populer bagi siswa.

Opsi screencast memungkinkan siswa untuk merekam apa pun di layar dan kamera web mereka dan dapat menjadi bantuan besar bagi mereka yang ingin membuat video presentasi. Siswa dapat dengan mudah membuat video tayangan slide dengan bantuan perangkat lunak ini tanpa mengurangi kualitas.

Tugas Video Demonstrasi

Video demonstrasi yang efektif harus meningkatkan keterampilan observasi yang baik, merangsang pemikiran, membangkitkan rasa ingin tahu, menyajikan aspek konsep kompleks pada tingkat yang konkret, dan yang paling penting, menjadi dasar untuk diskusi kelas.

Penjelasan harus berisi informasi yang cukup untuk memuaskan keingintahuan audiens tentang apa yang terjadi dan mengapa, dan harus berfungsi sebagai titik awal untuk penyelidikan lebih lanjut bagi individu yang membutuhkan lebih banyak detail.

Dalam pembuatan video demonstrasi, siswa dapat mengkreasikan video mereka menggunakan video editor di gawai mereka. Sudah banyak video editor yang ramah untuk anak seperti: Magisto, Animotica, dan Write-on video.

Membuat video adalah media yang umum bagi generasi saat ini. Mari kita mulai dari salah satu opsi di atas untuk mereka coba. Oleh karena itu, guru juga bisa mencoba menggunakan salah satu opsi aplikasi video di atas agar nantinya bisa memberikan penugasan dengan lebih lancar kepada para murid. Selamat mencoba!