6 Laboratorium Online untuk Eksperimen Berbasis Virtual

6 Laboratorium Online untuk Eksperimen Berbasis Virtual

  • Teachmint
    Teachmint

Laboratorium online merupakan inovasi baru di era pandemi dalam bentuk perangkat lunak yang pengoperasiannya bertujuan untuk menciptakan penelitian jarak jauh. Para siswa diajak untuk bereksperimen secara ilmiah dengan menggunakan komputer maupun telepon genggam sebagai alat bantu. Lab satu ini dapat disebut sebagai lab maya yang berfungsi untuk memaksimalkan penelitian dengan bantuan teknologi yang dikemas secara interaktif.

Dengan begitu, proses pembelajaran dari rumah pada mata pelajaran tertentu yang membutuhkan laboratorium tetap bisa terlaksana dengan baik. Baik pihak sekolah maupun murid dapat mengakses secara mudah dengan bantuan situs-situs yang telah disediakan.

Pilihan Laboratorium Online untuk Eksperimen Berbasis Virtual

Mata pelajaran praktis seperti fisika, biologi, kimia maupun matematika memang memerlukan alat pendukung untuk membantu murid memahami materi. Berikut terlampir beberapa pilihan dari situs laboratorium online dengan penjelasan penggunaan.

Lab4Physics

Membantu guru dan murid dalam menyediakan laboratorium online untuk keperluan pembelajaran memang perlu banyak pilihan. Sebut saja Lab4Physics sebagai aplikasi yang dapat digunakan baik guru maupun murid dalam bereksplorasi keperluan mata pelajaran fisika. Beberapa konsep pembelajaran mengenai gravitasi, gaya, gelombang, rotasi dan masih banyak lagi bisa dipelajari dengan mudah.

Lab4Physics dapat diunduh via google play dengan teknologi built-in sensors yang membantu para murid dengan mudah memahami lewat praktik. Kolaborasi menarik dari aplikasi ini, bisa dipraktekkan melalui telepon genggam dengan cara mandiri. Selain itu, tampilan akhir untuk eksperimen yang telah murid kerjakan bisa dilihat dalam bentuk grafik dan tabel dengan detail penjelasan.

Labster

Para ilmuwan kini mulai menerapkan ragam pembelajaran sebagai persiapan untuk para ilmuwan masa depan. Labster menjadi salah satu dari program unggulan eksperimen berbasis virtual yang telah digunakan berbagai siswa di seluruh dunia. Baik murid sekolah menengah hingga universitas akan terhubung dengan ribuan institusi di dalamnya yang dapat membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran ilmiah.

Situs satu ini memiliki beberapa kategori pembelajaran, mulai dari virtual lab pendukung pemahaman energi dan gaya, pemahaman mendalam mengenai organ-organ di dalam tubuh, perhitungan rumus hingga ekologi lanskap. Layanan live chat yang ada dalam situs ini pun dapat membantu para murid dan guru bila ada kendala dalam penggunaan.

Physics Lab

Physics Lab menjadi pilihan untuk situs yang bisa diakses dalam bentuk perangkat lunak. Aplikasi satu ini bisa diunduh dengan mudah dan menghadirkan pengalaman canggih yang menyenangkan saat bereksperimen di kelas. Physics Lab fokus pada praktek mudah kelistrikan dengan minim resiko penggunaan. Murid akan banyak menemukan komponen di dalamnya untuk membantu eksperimen elektromagnetik yang dikemas dengan tampilan menarik.

Berkembangnya teknologi dalam menyediakan laboratorium online terbaik membuat Physics Lab menyasar target lainnya. Tercatat aplikasi ini kini menghadirkan pembelajaran eksperimen pada bidang astrofisika. Murid dapat mempelajari dengan mudah galaksi bima sakti dengan penjelasan mendalam mengenai planet yang disukai.

Beaker

Bila situs sebelumnya fokus pada mata pelajaran fisika, Beaker menyasar para murid dalam metode eksperimen berbasis virtual pada pelajaran kimia. Tersedia ratusan bahan kimia dengan reaksi yang berbeda-beda sesuai dengan kehendak murid. Beaker membantu para murid dan guru dalam mewujudkan pengolahan bahan kimia dengan percobaan minim resiko.

Di dalam aplikasi ini terdapat berbagai macam alat bantu virtual yang dapat membantu para murid dalam memaksimalkan kinerja dari bahan kimia, seperti alat pembakar, filter, blender dan pemisah. Hal menarik lainnya, di dalam aplikasi ini murid dapat bertukar gelas dengan murid lain secara virtual untuk melihat bagaimana reaksi dari bahan kimia yang tercampur pada gelas masing-masing.

LIFE

Sesuai dengan nama aplikasinya, LIFE membantu siswa untuk mudah memahami bagaimana eksperimen pengobatan dapat berdampak langsung dalam kinerja tubuh manusia. Dengan tagline experiment with human body, murid akan diajak mengenal lebih jauh efek fisiologis dari setiap organ yang bekerja setelah mendapat pengobatan. Laboratorium online LIFE mengajak para murid untuk belajar organ tubuh manusia dengan cara menyenangkan.

Eksperimen berbasis virtual yang menitikberatkan dengan reaksi pengobatan pada tubuh manusia ini dapat melihat data medis secara rinci pada setiap organ. Baik kinerja hormon, suasana hati, kondisi suhu tubuh dapat terdeteksi melalui eksperimen. Dengan tentunya minim resiko, murid akan lebih nyaman mengerjakan eksperimen tanpa khawatir akan bahaya yang timbul.

Molecular Workbench

Aplikasi selanjutnya yang bisa murid dan guru unduh secara cuma-cuma adalah Molecular Workbench. Mirip dengan aplikasi laboratorium online lainnya, Molecular Workbench menyediakan ribuan simulasi pengajaran yang dapat dipahami dengan mudah baik untuk guru maupun murid. Tercatat pula aplikasi satu ini telah memenangkan penghargaan sebagai pilihan perangkat lunak terbaik dalam kategori menyediakan eksperimen komputasi visual dan interaktif untuk pengajaran dan pembelajaran sains yang kuat.

Para guru pun dapat mendesain laboratorium pribadi yang dapat diakses oleh para murid dan menginformasikan nilai secara keseluruhan murid di dalamnya. Sehingga murid dapat secara real time melihat penilaian pembelajarannya melalui eksperimen yang telah mereka lakukan. Molecular Workbench telah menyediakan berbagai perangkat pembelajaran pendukung untuk mata pelajaran fisika, matematika maupun teknik dengan jenjang sekolah dasar hingga tingkat tinggi.

Itulah beberapa rekomendasi laboratorium online untuk pembelajaran yang membutuhkan eksperimen sebagai penunjang. Baik murid dan guru hanya perlu memahami fokus pembelajaran agar dapat menemukan situs terbaik. Gunakan yang paling mudah diakses dengan informasi yang dapat dipahami kedua belah pihak.