6 Metode Pembelajaran Online yang Menyenangkan

6 Metode Pembelajaran Online yang Menyenangkan

  • Teachmint
    Teachmint

Salah satu masalah yang sering terjadi dalam pembelajaran di kelas online adalah guru kebingungan harus memilih metode pembelajaran seperti apa. Hal ini karena ruang gerak guru terbatas dan murid pun ada juga yang terbatas sarana dan prasarananya. Dampaknya adalah guru dapat dikatakan main ‘aman’ dengan memilih metode pembelajaran yang paling umum digunakan, yakni metode ‘ceramah’ yang mungkin akan membosankan bagi para murid kita.

Oleh karena itu, di dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa metode pembelajaran online yang menyenangkan. Harapannya, penggunaan metode-metode ini dapat membuat murid semakin menyukai pembelajaran online. Perlu diketahui bahwa ada beberapa metode yang mengharuskan adanya perangkat dan internet yang memadai. Tetapi, ada juga sebagian yang bisa dilakukan bahkan menggunakan koneksi 3G sekalipun. Simak penjelasan lengkapnya.

Menggunakan Aplikasi Pembelajaran

Aplikasi pembelajaran adalah sebuah alat bantu yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam masa belajar online seperti sekarang ini. Meningkatkan kualitas pembelajaran yang dimaksud adalah meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar murid. Dalam memilih sebuah aplikasi pembelajaran, guru harus mempertimbangkan apakah ia sesuai dengan tujuan pembelajaran; jangan sampai tidak ada unsur edukasinya.

Sebagai contoh, dalam mata pelajaran Musik mengenai backsound atau suara latar belakang, guru bisa menggunakan YouTube untuk menampilkan bagaimana beberapa suara latar belakang bisa mempengaruhi pembawaan suasana dari suatu video. Contoh lain, dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, seorang guru juga dapat menggunakan aplikasi Samsung Health untuk membantu monitor kesehatan guru dan murid. Menarik, bukan?

Menggunakan Permainan Digital Edukatif

Permainan digital edukatif menunjukkan tren positif di masa pandemi. Istilah seperti gamifikasi dan permainan digital edukatif semakin sering diungkit. Permainan digital edukatif adalah sebuah permainan yang memasukkan unsur edukasi yang menyatu di dalam permainan tersebut. Manfaat dari penggunaan permainan digital edukatif adalah pembelajaran akan semakin lebih seru sehingga murid pun menjadi tidak sadar mereka sedang belajar saat bermain.

Hal yang perlu diperhatikan adalah apakah pihak pengembangang dari aplikasi tersebut mengakui adanya unsur gamifikasi pada permainan digital mereka. Ini adalah cara termudah untuk memastikannya dan juga merupakan bentuk tanggung jawab kita terhadap murid dan orang tua. Misalnya, permainan seperti Minecraft sudah ada versi pendidikannya dan di dalam situs resminya, diakui bahwa unsur gamfikasi merupakan hal penting di dalam permainan.

Membuat Soal Autentik

Dikutip dari KBBI, kata ‘autentik’ berarti (1) dapat dipercaya; (2) asli; tulen; (3) sah. Arti dasar ini merupakan acuan dalam pemberian makna bagi soal autentik. Secara sederhana, dapat dikatakan soal autentik adalah soal yang dibuat sesuai dengan konteks para murid. Ini berarti murid di sekolah A belum tentu cocok jika diberikan tipe soal dari sekolah B. Namun, tujuan pembelajaran tetap mengacu kepada tujuan yang sama, seperti yang tertera dalam kurnas.

Soal autentik biasanya sering digunakan dalam mata pelajaran Matematika. Sebagai contoh, alih-alih meminta murid untuk membuat soal cerita pada topik ‘Operasi Hitung Bilangan Bulat’ yang mungkin bisa saja tidak relevan bagi para murid, guru dapat meminta murid untuk membuat soal dengan bahasa dan ide mereka sendiri, tetapi tetap merujuk pada topik yang telah ditentukan. Ide-ide yang muncul akan di luar dugaan guru sebab mereka akan memasukkan unsur personal.

Melakukan Eksperimen

Metode pembelajaran seru lainnya adalah dengan melakukan eksperimen. Biasanya ini cocok digunakan dalam mata pelajaran ilmu alam. Eksperimen adalah aktivitas uji coba teori yang sedang dipelajari. Dengan melakukan eksperimen, murid akan belajar melalui pengalaman dan praktik di lapangan secara langsung. Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan eksperimen adalah keamanan, khususnya pada masa pandemi ini, perlu tetap melakukan protokol kesehatan.

Misalnya, dalam pembelajaran mengenai rangkaian listrik, murid akan mempelajari mengenai rangkaian seri dan rangkaian paralel. Jika memungkinkan, murid bisa melakukan eksperimen rangkaian listrik seri (yang paling mudah) di rumah dengan setiap alat dan bahan yang sudah disiapkan oleh guru. Tetapi, jika tidak memungkinkan, bisa dilakukan secara virtual menggunakan simulasi online di internet, misal Rumah Belajar dari Kemdikbud.

Memberikan Polling Online

Metode polling online adalah sebuah metode pembelajaran dimana guru memberikan satu atau lebih pertanyaan untuk mengetahui pendapat atau pemahaman murid secara cepat dan kolektif. Dengan melakukan polling online, guru akan lebih memahami apa yang sedang dipikirkan murid. Selain itu, guru polling online bersifat ringan sehingga cocok digunakan di semua tahap pembelajaran (beda halnya eksperimen yang harus dilakukan di tengah pembelajaran).

Sebagai contoh, dalam pembelajaran topik tata surya, guru dapat melemparkan sebuah pertanyaan terbuka seperti, “Mengapa kita tidak bisa tinggal di Mars?” Tentunya ini diberikan di awal untuk mengetahui sejauh mana murid memiliki prior knowledge terhadap topik yang akan segera dipelajari. Untuk memudahkan, pertanyaan ini bisa diberikan beberapa opsi, agar suasana pollingnya bisa lebih terasa.

Menyaksikan Video Menarik

Menyaksikan video menarik adalah metode pembelajaran menarik yang mungkin paling mudah di antara semua metode di atas. Video-video menarik terkait materi ajar banyak ditemukan di internet, misalkan YouTube. Dengan menyaksikan video menarik, murid akan mendapatkan fakta dan informasi baru, mendapatkan inspirasi baru, dan harapannya bisa menumbuhkan minat serta rasa ingin tahu terhadap topik yang akan segera dipelajari.