Cara Ampuh Mencegah Mencontek Saat Ujian Online

Cara Ampuh Mencegah Mencontek Saat Ujian Online

  • Teachmint
    Teachmint

Mengawasi para peserta dan mencegah mencontek saat ujian online memang merupakan tantangan yang banyak dihadapi institusi pendidikan atau lembaga sertifikasi. Tanpa kehadiran secara fisik, pihak pengawas tentu menghadapi banyak keterbatasan untuk memastikan apa yang dilakukan setiap peserta. Padahal, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memastikan setiap peserta menjawab pertanyaan dengan kejujuran. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Aktifkan Mikrofon dan Kamera

Dengan kamera yang menyala, peserta atau murid pasti akan kesulitan untuk membuka buku untuk mencari jawaban. Adanya mikrofon juga akan membuat mereka tidak begitu saja bertanya kepada orang lain di balik layar. Tanpa kedua hal tersebut, mencontek akan jauh lebih mudah untuk dilakukan tanpa resiko ketahuan sama sekali.

Gerak-gerik orang yang mencontek biasanya akan terlihat, misalnya mata yang tidak mengarah ke layar, tangan yang sibuk di bawah meja, atau bahkan beranjak dari tempatnya. Dari mikrofon, juga akan terdengar bila ada orang yang membisikkan jawaban. Sesekali, mintalah peserta untuk memutar kamera agar terlihat suasana di sekeliling mereka. Jika ada contekan atau seseorang yang membantu mereka menjawab, pasti akan langsung ketahuan.

Memang, mengaktifkan mikrofon dan kamera saja masih belum untuk memastikan kejujuran mereka. Namun, ini adalah langkah awal yang efektif untuk mencegah mereka mencontek dengan mudahnya. Pastikan ini menjadi aturan ujian online yang tidak bisa diganggu gugat.

Minimalkan Pilihan Ganda

Pertanyaan yang berupa pilihan ganda akan sangat memudahkan para peserta untuk memberi tahu jawabannya menggunakan kode ke peserta lain. Untuk itu, sebaiknya pertanyaan dalam ujian online dibuat dalam format isian. Bahkan, akan jauh lebih baik lagi jika jawabannya berbentuk uraian, sehingga peserta harus berpikir terlebih dahulu bila ingin memberikan contekan. Pada akhirnya, mereka akan kehabisan waktu sendiri jika memutuskan untuk mencontek.

Jawaban panjang juga bisa memastikan bahwa peserta tersebut memahami subyeknya. Jika mencontek, biasanya kata-kata yang mereka jabarkan akan terdengar janggal atau bahkan mirip dengan jawaban peserta lain. Sementara, dalam pilihan ganda, pihak penguji tidak akan bisa mendeteksi kecurangan hanya dari jawaban para peserta.

Buat Beberapa Versi Paket Pertannyaan

Agar para peserta tidak bisa saling menyalin jawaban, berilah ujian yang berbeda. Anda tidak perlu membuat pertanyaan yang berbeda. Namun, Anda bisa mengacak urutan soalnya agar urutan jawabannya pun menjadi berbeda. Buatlah beberapa versi sususan pertanyaan. Pastikan tiap peserta tidak mengetahui kode paket pertanyaan yang didapat peserta lain, sehingga mereka sendiri tidak mengerti harus mencontek ke siapa.

Satu Pertanyaan Setiap Layar

Dalam ujian tatap muka, biasanya peserta bisa membolak balik kertas ujiannya berulang kali untuk memastikan semua sudah terjawab. Mereka juga bisa melewati pertanyaan yang sulit untuk dipikirkan lagi nanti. Meskipun sangat membantu mereka, teknik ini sebaiknya tidak diterapkan saat ujian online karena bisa memberi mereka kesempatan untuk mencari jawaban atau contekan.

Trik yang jauh lebih efektif untuk mencegah mencontek saat ujian online adalah dengan memastikan hanya satu pertanyaan yang muncul pada layar dan harus dijawab saat itu juga untuk bisa melanjutkan pertanyaan lainnya. Pastikan mereka tidak bisa melewati pertanyaan itu tanpa menjawab untuk kemudian kembali ke situ lagi. Metode ujian secara linear seperti ini akan sangat menyempitkan peluang mereka untuk mencari jawaban.

Manfaatkan Software Khusus Pengawasan Ujian

Dengan kemajuan teknologi, saat ini ada berbagai software khusus untuk pengawasan ujian yang bisa membantu Anda mencegah mencontek saat ujian online. Setiap jenis software memiliki fitur dan cara kerja yang berbeda. Namun, hampir semuanya merupakan produk digital berbayar. Secara garis besar, software semacam ini bisa menangkap aktivitas pada perangkat yang digunakan untuk ujian. Sehingga, peserta akan ketahuan jika membuka file atau tab lain pada browser untuk mencari jawaban.

Tegaskan Konsekuensinya

Buatlah konsekuensi yang tegas mengenai aturan kejujuran dalam ujian online. Misalnya, peserta akan didiskualifikasi jika mematikan mikrofon dan kamera. Mereka juga akan dianggap gagal atau bahkan dikenai hukuman jika ketahuan melakukan kecurangan dalam bentuk apapun saat menjalani ujian online. Jangan ragu untuk benar-benar menjatuhkan hukuman tersebut bila Anda menemukan seseorang melanggar aturan yang ditetapkan.

Paket Ujian Cadangan

Bukan tidak mungkin bahwa seorang peserta akan mengalami putus koneksi atau masalah teknis lain yang menyebabkan proses ujian mereka terputus di tengah jalan. Penyelenggara ujian mungkin akan kesulitan untuk mengetahuai apakah orang tersebut memang mendapat masalah atau pura-pura terkendala agar bisa mencari jawaban. Solusinya, berikanlah paket ujian yang berbeda untuk mereka sehingga jawaban yang sudah mereka siapkan dari ujian sebelumnya tidak akan berguna untuk ujian penggantinya.

Mengawasi peserta dan mencegah mencontek saat ujian online hanya berdasarkan apa yang nampak di layar ternyata bukan perkara yang mustahil. Namun, di samping itu, penting juga bagi Anda untuk menekankan kepada peserta ujian tentang pentingnya integritas dan kejujuran dalam menjalani ujian.