Cara Membantu Murid dengan Akses Internet

Cara Membantu Murid dengan Akses Internet Terbatas Saat Belajar Online

  • Teachmint
    Teachmint

Akses internet terbatas saat belajar online adalah masalah klasik. Rasanya, hampir setiap institusi pendidikan akan menemui murid dengan masalah demikian dalam kelas yang diselenggarakannya.

Kesulitan untuk tetap daring saat kelas memang bisa menghambat proses belajar. Namun, dengan sedikit fleksibilitas dan usaha, pihak pengajar sebenarnya bisa menyesuaikan keadaan agar murid tetap bisa optimal dalam belajar. Berikut adalah beberapa trik yang mungkin bisa membantu:

Aktif Membagi Informasi Paket Internet

Promosi paket internet dengan harga yang jauh lebih murah sebetulnya sudah seringkali ada dari berbagai provider internet. Hanya saja, banyak sekali orang yang tidak mendapatkan informasinya dengan baik.

Pihak sekolah dapat memanfaatkan hal ini dengan kerap memberi informasi kepada para muridnya setiap kali ada informasi paket internet hemat. Guru juga bisa meminta para siswa untuk saling berbagi informasi semacam ini dengan aktif.

Ijinkan untuk Mematikan Kamera

Kebijakan menyalakan kamera memang kerap dinilai penting untuk memastikan kehadiran murid serta melihat fokusnya selama pelajaran. Namun di sisi lain, kebijakan ini cukup memberatkan bagi murid yang kuota internetnya cukup minim.

Penggunaan webcam menghabiskan banyak data, sehingga paket internet mereka bisa cepat habis. Jika diberi keringanan untuk mematikan webcam, mereka bisa menghemat penggunaan paket internetnya untuk periode yang lebih panjang. Jika kamera diperlukan tetap menyala, setidaknya izinkan mereka untuk mematikannya sementara waktu sesekali.

Sediakan Alternatif Jadwal

Terkadang, kendala akses internet terbatas saat belajar online bukanlah berupa kuota yang terbatas, namun sinyal yang tidak stabil. Hal ini lumrah terjadi umumnya bila murid tinggal di daerah pinggiran, kota kecil, atau saat cuaca buruk. Untungnya, masalah ini bisa diselesaikan dengan mudah dengan cara menawarkan alternatif jadwal kelas.

Jika muridnya cukup banyak, pihak sekolah bisa membaginya menjadi dua kelas dengan jadwal yang berbeda. Misalnya, satu kelas akan berjalan pagi sementara kelas lainnya bisa diadakan sore hari. Ini memberi mereka kesempatan untuk memilih saat dimana sinyal internet bisa lebih kuat.

Bahkan jika kelas hanya ada satu sesi saja, menawarkan voting untuk memilih kelas yang nyaman juga bisa sangat membantu. Dengan voting, Anda akan mudah mengetahui jam berapa internet mereka cenderung lebih stabil.

Sediakan Rekaman

Terlewat kelas online akibat kendala internet sebaiknya jangan sampai menggagalkan murid dalam mengembangkan ilmunya. Untungnya, hampir semua platform sekolah online menawarkan fitur yang bisa merekam semua aktivitas kelompok selama kelas berlangsung. Rekaman ini bisa kemudian Anda bagikan ke seluruh murid.

Murid yang tidak mampu online saat jadwalnya akan tetap bisa mengunduh video rekaman tersebut nanti ketika mendapat akses internet yang layak. Dengan begitu, mereka bisa tetap memperoleh pengajaran secara optimal.

Alternatif Rekaman

Mendownload video rekaman kelas mungkin bisa menjadi solusi bagi sebagian murid. Sayangnya, ada juga yang masih merasa hal tersebut cukup sulit karena membutuhkan kuota yang besar. Namun, hal tersebut bukanlah masalah jika pihak sekolah bisa menawarkan berbagai alternatif rekaman.

Alih-alih video, cobalah Anda sediakan juga file rekaman dalam bentuk audio saja agar ukuran file bisa jauh lebih diperkecil. Atau, rekaman bisa juga tetap dalam bentuk video namun diserahkan ke murid dalam bentuk hard copy, sehingga tidak perlu menghabiskan kuota untuk mendownloadnya. Alternatif lain yang lebih hemat kuota adalah dengan mengkonversi video dan audio ke dalam bentuk narasi.

Bagikan Modul Belajar

File presentasi dan modul belajar yang dipakai selama kelas juga sebaiknya juga diberikan kepada para murid. Sehingga, mereka bisa mempelajarinya lagi di waktu senggang mereka nanti setelah kelas.

Kebijakan ini akan sangat membantu terutama bagi murid yang koneksi internetnya tersendat-sendat selama pelajaran. Akses terhadap modul belajar juga akan sangat menguntungkan bagi murid yang hanya bisa belajar melalui rekaman.

Kombinasikan dengan Tugas Offline

Pemberian tugas untuk latihan akan sangat membantu murid untuk lebih memahami materi pelajaran. Dari situ, para guru juga bisa mengukur seberapa efektif kegiatan mengajar mereka. Dalam sebuah program pembelajaran jarak jauh, metode gabungan synchronous dan asynchronous seperti ini memang terbukti memberikan hasil belajar yang paling optimal.

Namun, tugas latihan sebaiknya bukan sesuatu yang harus dikerjakan secara daring jika ada masalah akses internet terbatas saat kelas online. Tak masalah jika pengumpulan tugasnya memang harus tetap online, yang penting murid tidak butuh koneksi internet selama mengerjakannya.

Hubungi Secara Personal

Pihak lembaga pendidikan sebaiknya memiliki rasa kepedulian terhadap murid yang menghadapi masalah akses internet terbatas saat kelas online. Salah satu caranya adalah dengan menghubunginya secara langsung. Mintalah mereka menjelaskan kendala internet seperti apa yang mereka hadapi, supaya Anda bisa mencari solusi terbaik untuk itu.

Sistem pendidikan berbasis online menawarkan banyak fleksibilitas dan alternatif agar dapat memfasilitasi semua murid. Oleh sebab itu, akses internet terbatas saat belajar online seharusnya tidak menjadi penghalang. Kuncinya adalah pihak sekolah atau lembaga pendidikan harus mau berusaha mencari solusi terbaik.