Cara Mengatasi Murid yang Kesulitan Belajar Online

Cara Mengatasi Murid yang Kesulitan Belajar Online

  • Teachmint
    Teachmint

Proses belajar mengajar dengan penyampaian materi belajar secara digital dikenal dengan istilah online learning atau sistem pembelajaran online. Sistem satu ini sudah ada sejak dahulu, namun semakin dikenal masyarakat luas sejak era pandemi. Murid yang kesulitan belajar online pun tidak sedikit, hal tersebut menjadi kendala seiring dengan metode yang terbilang baru pada sejumlah institusi di beberapa negara.

Kinerja para guru dan sekolah dipertanyakan dengan kapasitas kemampuan para murid yang sebenarnya belum diperbaharui. Hal tersebut menjadi permasalahan yang sering muncul, namun bila dipelajari dan diberi pengertian, ke depannya murid pasti mampu mengatasinya. Begitu pula dengan adaptasi pembelajaran online dari kurikulum sekolah.

Bagaimana Cara Mengatasi Murid yang Kesulitan Belajar Online?

Berikut terlampir beberapa cara mudah dalam mengatasi murid yang kesulitan belajar online.

1.Menjalin Komunikasi Dua Arah yang Baik

Cobalah untuk memberi murid kesempatan untuk mengeluhkan masalahnya, dengarkan, dan pahami. Hal ini akan membantu para orang tua dan guru dalam mencari solusi dari permasalahan yang ada. Salah satu contohnya adalah menerapkan sistem pembelajaran yang lebih menyenangkan. Tujuannya untuk meminimalisir murid yang merasa bosan selama pelajaran online.

2.Menentukan Metode yang Tepat Sesuai Kepribadian

Setelah melakukan tahapan komunikasi dua arah yang baik dan benar, kini tahapan selanjutnya adalah menentukan metode terbaik pembelajaran online yang tepat. Coba tawarkan solusi kepada murid dan tanyakan apa pendapatnya mengenai solusi tersebut.

Diskusikan bersama agar murid merasa diperhatikan dan lebih termotivasi untuk menyelesaikan masalahnya. Hal ini pula yang bisa dilakukan dalam mencari metode belajar paling efektif untuknya. Selain itu, para orang tua maupun sekolah bisa mengikutkan murid pada beberapa kelas interaktif terkait kepribadian untuk solusi lainnya.

3. Membangun Kepercayaan Diri

Membangun kepercayaan diri murid menjadi hal penting yang terkadang dilupakan dalam mengatasi murid yang kesulitan belajar online. Hindari perlakuan kepada murid yang menyebabkan ia merasa bahwa dirinya kurang pintar. Mohon untuk pastikan murid agar percaya bahwa rajin belajar akan membuatnya cemerlang dan sukses. Setiap murid pasti memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengatasinya. Untuk itu kerjasama antara orang tua dan guru pada pembelajaran online juga masuk dalam faktor yang penting.

4. Hindari Membuat Murid Terintimidasi

Mengurangi resiko murid terintimidasi bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Bangunlah kepercayaan dirinya dalam menyelesaikan ragam masalah agar ia mampu menghadapi segala permasalahan dengan cara yang benar. Hal tersebut berkaitan erat dengan psikologis individu.

Jika ada hal atau permasalahan yang membuat murid trauma, maka murid yang kesulitan belajar akan terus menemukan permasalahan yang sama. Guru bisa memulainya dari interaksi sosial, mayoritas murid akan senang bila sesama temannya saling mendukung saat mengerjakan tugas ataupun kerja dalam tim yang menyenangkan.

5. Beri Waktu yang Longgar dengan Tugas Ringan

Memahami konsep dasar dari pembelajaran merupakan tujuan sekolah dalam mendidik murid didiknya. Maka dari itu, dalam pembelajaran online buatlah kesepakatan waktu yang lebih longgar dengan tugas yang cenderung ringan. Kuis interaktif dengan gambar misalnya ataupun membuat prakarya menyenangkan yang dikerjakan bersama-sama. Murid akan merasa tidak dikekang oleh waktu dan bisa melihat teman lainnya juga mengerjakan hal yang sama dengan dirinya.

6. Coba Untuk Menawarkan Kelas Tambahan

Jika memang kondisinya memungkinkan, kelas tambahan bisa berupa tatap muka. Hal ini akan membangun interaksi sosial baru dengan pembelajaran yang menyenangkan. Kelas tambahan dengan pembahasan materi yang lebih detail dan perlahan membuat murid lebih bisa memahami materi. Usahakan membuat grup lebih kecil dari jumlah keseluruhan murid di dalam kelas.

7. Buatlah Suasana Belajar yang Kondusif

Membangun suasana pembelajaran tidak hanya tugas dari para guru di sekolah, orang tua juga perlu menyediakan tempat yang nyaman untuk belajar. Salah satu contohnya adalah menghindari adanya kebisingan saat proses belajar mengajar berlangsung, menyediakan peralatan pendukung pembelajaran dengan baik hingga posisi duduk yang tepat.

Dalam rentan waktu yang sudah ditentukan, murid akan duduk di tempat yang sama. Untuk itu usahakan untuk memilih kursi yang tepat untuk menentukan posisi duduk yang benar. Faktor-faktor tersebut dapat menentukan bagaimana murid fokus saat pembelajaran berlangsung.

8.Buatlah Kesepakatan Dalam Pembelajaran

Kesepakatan dalam pembelajaran juga dapat membantu murid yang kesulitan belajar online. Pihak sekolah dapat memberikan waktu istirahat kepada para murid layaknya pertemuan tatap muka secara langsung. Waktu istirahat tersebut dibatasi dengan kegiatan yang tidak dikekang. Murid bebas melakukan berbagai hal pada jam istirahat dan buat kesepakatan untuk kembali tepat pada waktunya.

Selain jam istirahat, murid dan guru juga bisa membuat kesepakatan dalam cara murid bicara di kelas maupun bergantian bertanya satu persatu. Hal ini akan melatih murid untuk bertoleransi dan bersabar untuk menunggu giliran.

Ternyata menemukan solusi dalam mengatasi murid yang kesulitan belajar online itu bisa mudah bila mengerti bagaimana penanganan yang tepat. Baik pihak sekolah maupun orang tua disarankan untuk ikut serta berperan aktif dalam mendampingi murid. Niscaya, kesulitan belajar akan segera teratasi dan murid dapat menikmati sistem pembelajaran online dengan baik.