Ide Kegiatan Seru untuk Sesi Istirahat saat Kelas Online

Ide Kegiatan Seru untuk Sesi Istirahat saat Kelas Online

  • Teachmint
    Teachmint

Yang dimaksud sesi istirahat kelas online ini adalah jeda waktu setelah satu sesi penyampaian materi sebelum memulai sesi penyampaian materi berikutnya. Tujuan utamanya adalah untuk memecah ketegangan otak, merilekskan badan dan pikiran, serta mendongkrak kembali semangat yang pudar agar mereka bisa kembali prima untuk melanjutkan belajar.

Mengapa Perlu Ada Sesi Istirahat?

Berdasarkan penelitian terhadap perkembangan anak, kemampuan anak untuk fokus belajar masih belum lama. Kira-kira, anak bisa duduk tenang dan belajar dengan konsentrasi penuh hanya selama tiga kali usianya dalam menit. Itu berarti, kira-kira setiap anak SD hanya bisa bertahan 21-39 menit saja. Sementara untuk anak TK, kemampuan mempertahankan konsentrasinya hanyalah 15-18 menit saja.

Tentu saja, durasi tersebut tidaklah cukup karena ada banyak hal yang perlu mereka pelajari dalam satu harinya. Oleh sebab itu, sesi belajar sebaiknya dipecah menjadi beberapa sesi, dengan jeda waktu tiap sesi digunakan sebagai istirahat.

Meski demikian, saat istirahat sebaiknya jangan dilepas begitu saja. Guru tetap perlu memegang kendali dalam kelas agar semua murid tetap patuh aturan. Pasalnya, kegiatan istirahat ini masih termasuk dalam rangkaian program belajar.

Aktivitas Apa Yang Cocok untuk Sesi Istirahat Kelas Online?

Yang pasti, aktivitas ini harus menyenangkan dan meningkatkan semangat para murid. Sebaiknya, aktivitas ini tidak berhubungan dengan materi belajar, agar murni hanya untuk seru-seruan saja. Tentu saja, para guru harus kreatif memikirkan hal ini. Untuk lebih mudahnya, berikut adalah beberapa ide yang bisa dijadikan inspirasi:

Scavenger Hunt

Berlomba-lomba dalam berburu dan mencari objek dapat meningkatkan adrenalin anak, sehingga mereka yang bosan dan mengantuk pun akan kembali segar. Permainan scavenger hunt bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya:

  • Mencari barang di rumah dengan ciri-ciri tertentu yang disampaikan guru
  • Mencari sesama rekan murid dengan karakteristik tertentu yang dideskripsikan guru
  • Mencari objek tertentu dari sebuah gambar rumit yang ditampilkan guru

Selain seru untuk dilakukan, permainan ini secara tidak langsung juga dapat melatih murid untuk meningkatkan fokus dan ketelitiannya tanpa mereka sadari.

Menyanyi Bersama

Menyanyikan sebuah lagu yang ceria juga bisa membantu mengusir rasa bosan dan malas. Selain itu, kegiatan ini juga bisa menstimulasi aspek sosial anak karena melatih mereka untuk berkoordinasi dan kompak dengan teman-temannya. Bernyanyi juga bisa menjadi sarana berekspresi yang sehat.

Jenis lagu yang dipilih guru sebaiknya yang cukup ringan dan familiar bagi para murid agar mereka bisa mengikutinya dengan mudah. Setelah selesai bernyanyi, guru bisa mengajak murid berdiskusi singkat mengenai lagu tersebut. Berikanlah kesempatan pada murid untuk mengutarakan apa yang mereka pikirkan tentang lagu tersebut.

Menari

Menggerakkan anggota tubuh akan memperlancar peredaran darah, sehingga menghilangkan rasa lesu dan kantuk. Menari juga tentunya akan meningkatkan mood dan keceriaan, sehingga murid cenderung akan lebih bersemangat untuk kembali belajar. Bagi perkembangan psikomotorik anak, menari juga merupakan salah satu stimulasi sensori yang cukup baik.

Guru boleh saja memberikan contoh gerakan menarinya. Namun, sebaiknya para murid tetap dibebaskan untuk memilih gerakannya sendiri sesuai dengan kreativitas masing-masing. Biarkan mereka berkreasi asalkan masih dalam batas kewajaran.

Senam atau Yoga

Terkadang, gerakan yang terlalu ekspresif justru dapat membuat anak terlalu bersemangat. Apabila dirasa perlu sesuatu yang lebih menenangkan, guru bisa mengajak murid melakukan yoga atau senam sederhana untuk sesi istirahat kelas online mereka.

Gerakan peregangan terbukti ampuh untuk merilekskan otot dan pikiran, sehingga anak bisa lebih tenang. Yoga dan senam dapat membantu anak melatih regulasi diri dan kepekaan, sehingga mereka akan cenderung lebih tenang dan disiplin pada sesi belajar berikutnya. Selain itu, kegiatan ini juga bermanfaat positif terhadap kestabilan jiwa dan manajemen emosi mereka.

Tebak-Tebakan

Permainan tebak-tebakan adalah alternatif yang seru, terutama bila Anda mencari ide kegiatan yang tidak memerlukan olah fisik atau energi. Sebagai permulaan, guru bisa memberikan pertanyaan pertama. Setelah itu, berikanlah kesempatan kepada para murid untuk bergantian membuat pertanyaannya.

Cara ini sangat efektif untuk mempererat keakraban antar murid serta belajar untuk menghormati giliran orang berbicara. Selain itu, kegiatan ini juga menstimulasi kecerdasan berpikir anak dengan cara yang efektif dan menyenangkan.

Berbagi Cerita

Pada beberapa kelas, anak-anak seringkali memiliki keinginan untuk bercerita. Tak ada salahnya membiarkan mereka bergiliran untuk berbagi cerita. Meski sederhana, opsi aktivitas ini ampuh untuk membuat anak merasa penting. Dengan saling bercerita dan mendengarkan, mereka juga bisa semakin akrab dan ceria.

Memberi kesempatan berbicara juga akan membuat mereka lebih bisa menghargai peraturan kelas online, dimana ada kesempatan untuk berbicara dan ada waktunya harus tenang untuk mendengarkan guru menjelaskan. Dengan ini, sesi kelas berikutnya akan lebih tertib.

Guru perlu kreatif untuk memvariasi aktivitasnya saat sesi istirahat kelas online. Tak perlu ragu untuk menanyakan kepada para murid mengenai aktivitas apa yang ingin mereka lakukan. Hanya saja, guru harus bijak memilih ide mana yang baik untuk dilakukan dan mana yang harus ditolak.