Panduan Menyusun Struktur Kelas Online

Panduan Menyusun Struktur Kelas Online

  • Teachmint
    Teachmint

Salah satu manfaat kelas online adalah sistem pembelajarannya yang cenderung lebih ringkas namun efektif. Di sinilah tantangan bagi para guru dan pihak penyelenggara pendidikan. Untuk mencapai tujuan belajarnya, mereka harus bisa menyusun struktur kelas online dengan baik. Selain ย  ย  ย  membuat murid mencerna ilmu dengan lebih baik, program belajar yang sistematis juga akan membuat murid tidak mudah bosan selama kelas.

Berikut adalah berbagai segmen yang harus ada dalam setiap struktur kelas online dalam urutan yang tepat. Dari sini, Anda bisa membagikan alokasi waktu yang seimbang untuk setiap segmen sesuai kebutuhan.

Pembukaan dan Salam

Selalu awalilah setiap kelas dengan salam pembuka untuk menarik perhatian dari para murid. Teknik ini juga bermanfaat untuk membuat mereka merasa santai dan nyaman untuk mengikuti jalannya kelas. Agar pembukaan terasa lebih ramah dan akrab, tak ada salahnya juga jika guru sedikit berbasa-basi dan menyapa murid secara personal bila memungkinkan.

Idealnya, segmen ini tidak terlalu lama karena akan terasa membosankan. Sekitar 5-15 menit kiranya sudah cukup untuk mencair suasana.

Informasi Singkat tentang Pembelajaran

Guru perlu menjelaskan tentang hal-hal apa saja yang akan diajarkan pada sesi tersebut. Akan lebih baik lagi apabila guru juga menyampaikan struktur kelas online yang direncanakan. Tidak perlu terlalu detail, penjelasan singkat yang tak lebih dari lima menit pun sudah cukup. Guru juga bisa mengingatkan kembali mengenai aturan umum kelas, seperti tidak boleh menyalakan mikrofon sebelum ditunjuk, dan lain sebagainya.

Langkah ini bertujuan untuk membantu murid mendapat gambaran akan seperti apa kelasnya berjalan nanti. Ini akan memberi mereka alasan dan motivasi yang lebih kuat untuk fokus selama kelas berlangsung.

Penyampaian Materi

Menyampaikan materi adalah aktivitas utama dalam sebuah struktur kelas online. Meski demikian, bukan berarti segmen ini bisa dibuat dengan durasi yang panjang. Guru perlu memahami bahwa rentang atensi manusia ada batasnya, terutama pada usia anak-anak.

Berdasarkan kajian ilmiah, rentang atensi anak hanyalah sekitar 3x usianya. Oleh sebab itu, durasi presentasi guru sebaiknya tidak lebih dari itu. Apabila ada banyak materi yang harus disampaikan, solusinya adalah membagi segmen presentasinya. Antara satu segmen dengan segmen berikutnya, guru bisa memberikan kegiatan menyenangkan sejenak untuk menyegarkan kembali otak anak. Pastikan sesi rehat ini tidak berhubungan dengan pelajaran dan hanyalah murni untuk bersenang-senang saja.

Istirahat

Segmen istirahat diperlukan apabila segmen penyampaian materi perlu memakan waktu yang lebih lama. Adapun segmen istirahat ini berfungsi untuk melepas stress dan merilekskan otak. Setelah istirahat, para murid diharapkan bisa kembali segar dan fokus sehingga bisa menyerap lebih banyak pelajaran lagi.

Pada segmen singkat ini, sebaiknya para murid tidak dilepas begitu saja. Para guru bisa mengajak mereka melakukan permainan santai atau kuis ringan. Akan jauh lebih baik lagi apabila kegiatan istirahat dapat mencairkan suasana meningkatkan keakraban antar murid juga.

Latihan Singkat

Guru perlu mengecek apakah murid benar-benar sudah menangkap apa yang diajarkannya tadi. Untuk itu, guru bisa mengadakan latihan sederhana yang bisa diselesaikan dan langsung direview secara umum. Segmen ini juga bisa berupa kuis online atau game ringan.

Jika sebagian besar murid masih kebingungan atau menjawab dengan tidak tepat, berarti penyampaian materi sebelumnya bisa dikatakan tidak efektif. Maka dari itu, siapkanlah sedikit waktu sebagai antisipasi. Jika diperlukan, guru bisa menggunakan jeda waktu ini untuk memperjelas pembelajarannya.

Diskusi dan Tanya Jawab

Sesi untuk diskusi dan tanya jawab setelah materi disampaikan merupakan segmen yang penting dalam sebuah program pembelajaran aktif. Murid-murid membutuhkan proses ini untuk bisa lebih dalam memahami topik dan pengaplikasian ilmunya. Guru bisa mengatur durasi dan skema segmen ini dengan mempertimbangkan berbagai faktor, misalnya seperti level pendidikan murid, jumlah murid, jenis materi pelajaran, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Pada akhir kelas, guru perlu menyampaikan kembali beberapa poin penting yang telah dipelajari pada sesi tersebut. Tujuannya adalah agar para murid mengingat dengan lebih jelas. Para guru juga bisa memberikan rekomendasi bahan tambahan belajar, barangkali ada murid yang tertarik untuk belajar lebih banyak.

Penyampaian kesimpulan sebaiknya sesingkat mungkin, kira-kira sekitar 5-10 menit. Jika ada tugas yang harus dikerjakan, jelaskanlah sekalian pada segmen ini agar murid memahami kaitan antara tugas dan materi pembelajaran.

Penutup

Selayaknya salam pembuka, salam penutup juga bertujuan untuk menjaga keakraban dan keceriaan. Setelah otak tegang karena fokus belajar, sapaan yang ramah akan otomatis mencairkan suasana. Dengan begini, peserta bisa meninggalkan ruang kelas virtual dengan hati dan pikiran yang ringan.

Mengatur alokasi waktu untuk masing-masing segmen agar tetap professional memang dibutuhkan kehati-hatian. Namun, tantangan yang sebenarnya adalah bagaimana menjaga semua segmen dalam sebuah struktur kelas online dapat berjalan sesuai alokasi waktunya.