Tips dan Ide Presentasi untuk Kelas Online yang Lebih Variatif

Tips dan Ide Presentasi untuk Kelas Online yang Lebih Variatif

  • Teachmint
    Teachmint

Salah satu tantangan utama dalam sistem belajar berbasis daring adalah bagaimana membuat proses penyampaian materi berlangsung menyenangkan dan efektif. Sebenarnya, kuncinya terletak pada bagaimana cara guru membuat dan mendemonstrasikan presentasi untuk kelas online yang diembannya. Hal tersebut pun bukanlah sesuatu yang sulit jika Anda menggunakan berbagai tips di bawah ini.

1.Pilih Tema Warna

Gunakan tema yang indah secara konsisten dalam sebuah file presentasi agar lebih mudah menarik perhatian. Pastikan pemilihan tema warna dan pola disesuaikan dengan selera audiens. Misalnya, pilihlah kombinasi warna cerah untuk kelas anak atau warna pastel untuk kelas wanita.

2.Buat Awalan yang Berkesan

Cara Anda mengawali presentasi bisa menentukan seberapa besar minat dan fokus murid. Oleh sebab itu, carilah cara yang memancing rasa penasaran dan kesan yang menarik. Jika ini berhasil, maka tugas Anda berikutnya akan terasa lebih mudah.

3.Buat Presentasi yang Fokus dan Sederhana

Slideshow sebaiknya jangan berbelit-belit atau terlalu banyak elemen di dalamnya. Justru, presentasi untuk kelas online yang efektif adalah presentasi yang fokus pada materi dan sederhana. Elemen tambahan yang tidak nyambung justru akan menjadi distraksi atau menimbulkan kebingungan.

4.Hindari Banyak Tulisan

Presentasi yang terlalu banyak tulisan akan membosankan dan bahkan bisa memusingkan sejak awal. Belum lagi, tulisan pun akan sulit dibaca jika fomt terlalu kecil dan rapat. Maka, sebaiknya slide hanya berisi inti-inti dari topik bahasan saja. Selebihnya, guru harus menyampaikannya dengan cara lain.

5.Siapkan Naskah

Hindari menyampaikan pelajaran dengan cara improvisasi. Selain beresiko tidak efektif, bisa jadi juga akan ada satu atau beberapa poin yang lupa disampaikan. Sebaliknya, Anda harus menyiapkan naskah untuk segala hal yang perlu Anda bicarakan. Hal ini tentunya juga termasuk narasi presentasi yang akan Anda katakan sembari menunjukkan slide show.

6.Perkaya dengan Gambar, Video, dan Animasi

Gambar, video, dan audio akan membuat materi lebih menarik dan mudah dicerna. Dalam beberapa kasus, gambar dan video justru bisa lebih efektif dalam menyampaikan materi ketimbang sekedar kata-kata. Namun ingat, video sebaiknya tidak lebih dari 12 menit karena akan membuat murid hilang fokus.

7.Animasikan

Untuk materi pelajaran yang bersikap konseptual, abstrak, atau yang menceritakan tentang suatu proses, pertimbangkanlah untuk menyajikannya dalam bentuk animasi. Dengan begitu, murid akan mendapat gambaran yang lebih jelas yang dapat membantu mereka lebih mudah memahami materinya.

8.Fleksibel Menyesuaikan Keadaan Murid

Beri kesempatan pada kelas untuk menentukan sendiri jalannya presentasi, asalkan masih dalam rambu-rambu yang Anda tentukan. Sebagai contoh, misal kebanyakan murid Anda kesulitan dalam memahami topik A, jangan ragu untuk menjelaskan lebih panjang meski secara waktu sudah habis. Sebagai kompensasi, Anda bisa memotong durasi untuk sub-topik lain yang dirasa kurang diminati murid. Atau, bisa juga sampaikan kepada murid bahwa kelas akan sedikit mundur sebagai kompensasi waktu ekstra tersebut.

9.Fasilitasi Murid untuk Bertanya

Jangan tutup kesempatan murid untuk bertanya selama Anda menyampaikan presentasi untuk kelas online. Agar tidak mengganggu jalannya kelas, Anda bisa mempersilakan murid menyampaikan pertanyaannya melalui fitur chatrom atau platform tertentu.

10.Demonstrasi dengan Alat Bantu

Selain presentasi, Anda juga bisa mempertimbangkan demonstrasi materi secara langsung bila memungkinkan. Penggunaan properti atau alat bantu akan memancing atensi para murid dan meningkatkan efektivitas pembelajaran. Misalnya, dalam kelas pelatihan untuk hal-hal teknis atau eksperimen dalam kelas science untuk anak. Cara ini sangat memudahkan para murid dalam lebih memahami materi pelajarannya.

11.Selipkan Tren Terkini

Salah satu cara unik dalam menarik perhatian murid adalah dengan menyisipkan suatu hal yang sedang populer belakangan, baik itu meme, bahan candaan, atau karakter selebritis yang sedang banyak digemari. Pikirkanlah cara kreatif untuk menentukan apa dan bagaimana cara menyisipkannya. Trik ini bisa memberikan hiburan ringan di tengah kelas, sehingga bisa ampuh menghilangkan rasa bosan belajar.

12.Selipkan Humor

Humor dan canda gurau adalah cara yang paling ampuh untuk mencairkan suasana dan memecah kejenuhan. Dengan sesekali melontarkan humor di tengah jalannya presentasi, murid akan terpancing untuk merefresh kembali atensinya terhadap materi pembahasan.

13.Lempar Pertanyaan

Sesekali di tengah jalannya presentasi, lontarkanlah pertanyaan singkat kepada para murid. Anda bisa menyuruh para murid untuk mengucapkan jawabannya secara spontan dan bersamaan langsung, atau dengan mempersilakan para murid angkat tangan bila mau menjawabnya secara individu. Sebaliknya, jangan menarget seorang murid yang tidak meminta diberi kesempatan menjawab karena kemungkinan orang tersebut akan merasa dipermalukan karena tidak bisa menjawabnya dengan baik.

14. Latihan Sebelum Kelas

Coba simulasikanlah presentasi dan narasi yang telah Anda persiapkan. Pastikan apakah semuanya bisa dikerjakan tepat waktu tanpa terkesan terlalu terburu-buru. Selain itu, cek ulang apakah ada susunan kata yang masih kurang mudah dipahami. Dengan meluangkan waktu untuk berlatih, presentasi untuk kelas online cenderung akan semakin lancar dan Anda pun akan lebih percaya diri melakukannya.

15.Akhiri dengan Kesimpulan

Sisakan sedikit waktu di belakang untuk merangkum ulang berbagai pelajaran yang telah Anda presentasikan pada sesi tersebut. Trik ini terbukti efektif dalam berbagai metode pembelajaran karena bisa membuat murid mengingat kembali semua hal yang telah dipelajarinya.

Kreativitas adalah bekal dasar yang wajib dimiliki seseorang untuk dapat menyelenggarakan sistem belajar online yang unggul. Bukan hanya dalam membuat presentasi untuk kelas online saja, kreativitas juga akan diperlukan dalam