Tips dan Trik Agar Kelas Olahraga Online Sukses

Tips dan Trik Agar Kelas Olahraga Online Sukses

  • Teachmint
    Teachmint

Siapa bilang kelas olahraga online tidak efektif? Justru, opsi ini bisa lebih bermanfaat bagi para peserta. Bukan hanya kelas pendidikan jasmani di sekolah saja, tapi kelas olahraga daring juga banyak bermunculan sebagai ekstrakurikuler anak maupun opsi aktivitas orang dewasa. Saat menyelenggarakan kelas olahraga online, pastikan Anda memperhatikan poin-poin di bawah ini:

Kenakan Pakaian Olahraga Lengkap

Instruktur atau guru harus memberi contoh yang baik, ย termasuk dalam hal pemilihan pakaian. Selain baju, pastikan juga Anda mengenakan sepatu dan properti yang tepat, misalnya matras yoga atau barbell. Penggunaan kostum yang tepat juga akan membuat kelasnya terasa nyata dan menjanjikan. Sebaliknya, pakaian yang seadanya akan mengesankan bahwa kelasnya tidak serius.

Matikan Mikrofon dan Nyalakan Kamera Murid

Setelah salam pembuka, pastikan Anda mematikan mikrofon semua murid dan kunci fitur tersebut agar mereka tidak bisa menyalakan mikrofonnya. Dengan begini, suara aba-aba dari Anda akan terdengar jelas dan mudah diikuti.

Sebaliknya, kamera setiap peserta harus selalu aktif agar Anda bisa mengecek gerakan mereka masing-masing dan memberi koreksi langsung jika ada kesalahan. Selain itu, kompilasi video yang aktif akan membuat suasana kelas lebih hidup, sehingga para peserta juga semakin bersemangat.

Bersuara Sesuai Jenis Olahraga

Jika kelas Anda berupa senam, zumba, atau semacamnya, pastikan suara Anda terdengar lantang dan membara. Sementara, untuk kelas yoga atau pilates, sesuaikanlah nada bicara Anda agar terdengar lembut namun tetap jelas. Cara Anda menyampaikan instruksi akan sangat berpengaruh pada mood peserta, yang mana pada akhirnya mempengaruhi apakah kelas tersebut berjalan efektif dan seru atau tidak.

Gerakan Instruktur Harus Totalitas

Kesempurnaan gerakan yang dicontohkan instruktur juga penting untuk diperhatikan. Bukan masalah bila pesertanya belum bisa mengikutinya. Yang penting, mereka sudah melihat bagaimana seharusnya gerakan tersebut dilakukan. Nantinya, pelan-pelan mereka akan termotivasi untuk terus menyempurnakan gerakan mereka tersebut.

Jelaskan Setiap Gerakan

Memberi contoh saja tidak cukup. Anda harus secara detail menjelaskan bagaimana posisi masing-masing anggota badan saat melakukan sebuah gerakan. Bila perlu, jelaskan juga apa manfaat dari gerakan tersebut agar para peserta memiliki alasan yang lebih kuat untuk melakukannya dengan lebih sempurna.

Andalkan Musik dan Lagu

Musik dan lagu adalah pembangkit suasana yang paling ampuh, terutama untuk sebuah kelas olahraga online. Misalnya, melakukan jumping jacks dengan iringan hip hop tentu akan terasa jauh lebih berkesan ketimbang jika melakukannya dalam kesunyian. Berhati--hatilah dalam mengatur volume musik agar tetap nyaring terdengar. Dan pastinya, jangan sampai suara instruksi Anda menjadi sulit ditangkap.

Sesuaikan Level Kemampuan

Suatu kelas olahraga online seringkali mendapat peserta dengan level kemampuan yang beragam. Agar mereka semua mendapat latihan yang sesuai dengan levelnya, Anda bisa menawarkan alternatif gerakan. Misalnya, saat melakukan push-up, tantanglah peserta untuk mencobanya dengan satu tangan. Sebaliknya, peserta yang nampak kesulitan untuk melakukan gerakan push-up biasa bisa diizinkan untuk melakukan knee-up saja agar lebih ringan.

Tanya Jawab dan Diskusi

Walau hanya kelas olah tubuh, bukan berarti para pesertanya tidak memiliki pertanyaan maupun pikiran. Justru, sesi tanya jawab dan diskusi dari sebuah kelas diskusi online seringkali terasa ramai karena tingginya rasa minat dari para peserta. Jika tak ada pertanyaan atau apapun, sebagai pelatih Anda bisa melontarkan beberapa pertanyaan ringan untuk merek jawab serentak. Sesi obrolan ini sebaiknya dilakukan setelah pendinginan, sebelum Anda menutup kelasnya.

Jika dirancang dan dilaksanakan dengan serius, kelas olahraga online akan memberi banyak benefit terhadap para pesertanya. Dibandingkan dengan program olah tubuh yang dilakukan tatap muka, sebagian besar benefit tersebut justru membuatnya semakin lebih menarik. Coba lihatlah daftar berikut ini.

  • Peserta dengan kemampuan fisik yang kurang bagus tidak perlu minder karena setiap murid akan lebih fokus melihat pelatihnya ketimbang sesama murid.
  • Peserta bisa lebih fokus, tidak terdistraksi oleh suara dan gerakan orang lain. Sehingga, mereka pun akan semakin mudah mencapai tujuan latihannya.
  • Peserta bisa lebih fleksibel dengan temponya, bahkan juga jeda istirahat dan minum jika diperlukan.
  • Peserta tidak perlu lelah duluan dengan urusan persiapan dan transportasi dari rumah menuju tempat latihan.
  • Peserta bisa langsung beristirahat dengan nyaman setelah latihan, yang mana hal itu cukup mustahil bila perjalanan dari tempat latihan olahraganya ke rumah cukup memakan waktu.
  • Seringkali kelas olahraga online menawarkan program dengan tarif yang jauh lebih murah, sehingga peserta bisa menghemat biaya namun tetap sehat.

Saat awal munculnya tren kelas olahraga online, banyak orang yang mengikutinya karena tidak ada opsi kelas offline. Namun, saat pandemi sudah membaik dan tempat latihan olah tubuh kembali buka, ternyata banyak yang memilih untuk melanjutkan programnya secara online.