10 Manfaat Kelas Online Bagi Murid |

10 Manfaat Kelas Online Bagi Murid

  • Teachmint
    Teachmint

Tren kelas online memang berawal dari keterpaksaan akibat pandemi. Namun, siapa sangka ternyata program belajar seperti ini justru menawarkan banyak keunggulan yang tidak bisa didapat di sekolah tatap muka biasa. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Nyaman

Tidak semua anak bisa merasa nyaman di sekolah, terutama untuk anak-anak yang usianya masih sangat dini atau anak dengan kebutuhan khusus. Namun, hampir dapat dipastikan semuanya merasa nyaman di rumahnya sendiri. Bagi banyak anak, hal ini sangat penting untuk bisa fokus belajar. Bahkan, anak yang masih merasa kurang sehat pun bisa tetap mengikuti jalannya proses belajar dengan nyaman sembari bersandar di ranjangnya.

2.Tidak Ada Batasan Jarak

Manfaat kelas online yang paling menguntungkan anak adalah tidak ada batasan jarak. Bayangkan saja, anak kini bisa ikut orang tuanya yang dinas keluar kota karena ia bisa belajar dari mana saja. Anak yang cenderung mudah bosan pun punya opsi untuk mencari tempat lain yang lebih menyenangkan baginya untuk mengikuti kelas.

Terlebih lagi, saat ini banyak lembaga pendidikan online baru yang memang full virtual, sehingga murid bahkan tidak perlu berasal dari kota yang sama. Bagi anak-anak yang tinggal di daerah terpencil yang minim pendidikan, lembaga belajar virtual seperti itu merupakan kesempatan emas bagi mereka untuk mengakses pendidikan yang lebih bermutu.

3. Lebih Efektif

Umumnya, kurikulum untuk kelas online memiliki materi yang lebih ringkas dan berbobot ketimbang kelas konvensional. Sehingga, anak bisa lebih memahami materinya tanpa perlu terlalu banyak belajar. Teori ini pun pernah dibuktikan langsung oleh Kemendikbudristek. Selama pandemi Covid, sekolah dengan sistem kurikulum jarak jauh yang ringkas justru menunjukkan hasil belajar yang lebih progresif ketimbang kurikulum konvensional.

4.Hemat Waktu

Tidak ada batasan jarak berarti tidak perlu membuang waktu untuk perjalanan, sehingga anak dan orang tua bisa menggunakan waktunya untuk hal lain yang lebih positif. Manfaat kelas online yang satu ini akan terasa lebih besar lagi jika lembaga pendidikan memilih kurikulum yang lebih dipadatkan, sehingga waktu belajar yang diperlukan pun jadi makin singkat.

5.Hemat Biaya

Meski orang tua harus mengeluarkan dana untuk kuota internet, kelas online bisa memotong berbagai anggaran lain yang biasa dikeluarkan untuk kelas tatap muka. Beberapa contohnya adalah uang jajan anak, biaya transportasi, serta kebutuhan sosial komite sekolah. Banyak juga sekolah yang memangkas biaya gedung atau bahkan menghilangkannya sama sekali.

6.Anak Lebih Fokus

Di kelas tatap muka, anak cenderung mudah teralihkan untuk mengobrol dan bermain dengan teman sekelasnya. Dengan kelas online, kendali mikrofon dan chat ada di tangan guru. Sehingga, para murid tidak bisa berkomunikasi langsung tanpa seizin guru. Tanpa adanya keributan, setiap anak akan lebih mudah untuk fokus. Bahkan di rumah pun, setiap anak pasti akan diawasi langsung oleh orang dewasa. Sehingga, anak akan mendapat peringatan dan arahan langsung ketika mulai terdistraksi.

7.Bimbingan Orang Tua

Saat kelas online maupun saat mengerjakan tugas, anak pastinya akan dibantu oleh orang dewasa. Misalnya yang membantu mereka bukan orang tuanya langsung, setidaknya orang tua tetap akan mengecek programnya. Bagi anak, bimbingan dan perhatian lebih dari orang tua seperti ini merupakan manfaat kelas online yang sangat berharga. Berdasarkan studi psikologis, anak cenderung lebih termotivasi dan gampang mencerna pelajaran bila orang tua ikut terlibat dalam proses belajarnya.

8.Aman

Tetap di rumah berarti minim resiko terpapar virus berbahaya, terutama covid. Inilah alasan utama dimulainya sistem belajar daring seperti ini. Namun di samping memberi keamanan dari covid, ada banyak faktor keamanan lain yang juga menjadi manfaat kelas online, misalnya aman dari bullying serta berbagai tindak kriminal yang mengincar anak.

9.Meningkatkan Produktivitas Anak dengan Ragam Kegiatan

Dengan sistem belajar yang hemat biaya dan waktu, maka murid pun memiliki kesempatan untuk mendapat kegiatan tambahan lain. Dan sejak adanya tren belajar daring, mencari kursus ekstrakulikuler anak secara online pun tidak begitu sulit. Saat ini, banyak sekali lembaga baru bermunculan dan menawarkan jenis kegiatan yang unik namun tetap mendidik.

10.Anak Lebih Bahagia

Rasa nyaman dan beban belajar yang sedikit tentu sangat mempengaruhi kondisi psikologis anak secara positif. Apalagi, dengan peran orang tua yang lebih dekat, anak pun merasa lebih diperhatikan dan disayang. Maka, bukan hal yang mengherankan bila semakin banyak anak yang merasa lebih bahagia. Anak-anak yang sering merasa stress saat sekolah konvensional sebelum pandemi pun akan merasa lebih ringan dengan sistem belajarnya yang baru.

Manfaat kelas online bukan saja dirasakan oleh para murid dan orang tua. Pihak guru dan manajemen lembaga pendidikan pun merasa metode ini lebih banyak memberi mereka kemudahan dan keleluasaan dalam mengumpulkan dan mengatur murid. Maka dari itu, tak mengherankan bila bisnis kelas online anak akan semakin berkembang ke depannya.

Pada awal-awal dilakukan, memang perlu sedikit usaha dan penyesuaian untuk transisi dari sistem belajar konvensional menjadi online. Namun, biasanya tidak akan membutuhkan waktu lama untuk dapat melakukannya. Apalagi, jika manfaat kelas online sudah semakin dirasakan, semuanya pasti akan terasa lebih baik.