6 Skill Mengajar Online yang Perlu Dimiliki Para Guru

6 Skill Mengajar Online yang Perlu Dimiliki Para Guru

  • Teachmint
    Teachmint

PJJ atau pembelajaran jarak jauh menjadi topik hangat beberapa tahun terakhir. Pengajaran dalam bentuk online ini membuat murid dan pihak sekolah sama-sama beradaptasi. Khususnya bagi institusi yang memang belum pernah menggunakannya. Kini, kemampuan dari para pendidik pun juga ikut dipertanyakan.

Sebenarnya apa para guru perlu meningkatkan skill mengajar online? Di era yang serba digital ini, tentu memerlukan banyak peningkatan. Dengan meningkatkan skill guru dalam mengajar online akan berdampak baik bagi para murid. Pendidik bisa memulainya dari cara sederhana yang bisa didapat dengan mudah. Berikut terlampir daftar skill yang dimaksud.

Desain Grafis

Daya tarik utama dari pembelajaran secara online adalah tampilan. Hal ini berkaitan erat dengan materi desain grafis. Komunikasi dalam bentuk rancangan grafis ini disampaikan \secara visual dengan beberapa elemen pendukung untuk membuat literasi yang bisa dimengerti oleh penerima pesan. Apalagi bila terlihat menarik dan tidak membosankan, tentu murid akan senang dan nyaman saat pembelajaran.

Kreatif menjadi salah satu hal yang perlu dibangun untuk terciptanya tampilan pembelajaran yang menyenangkan. Pendidik bisa mulai dari pemahaman dasar warna, bentuk, proporsi tulisan dan gambar, hingga masuk dalam pembelajaran mengenal software pendukung. Itulah mengapa menguasai teknik mendalam pada desain grafis dapat meningkatkan skill mengajar online dari para guru.

Video Editing

Bila para pendidik sudah mulai memahami pengenalan akan bidang desain grafis, kini guru bisa mengerucut kepada kemampuan video editing. Penyuntingan gambar yang ditampilkan tanpa proses editing akan terlihat kurang menarik. Hal ini menjadi peranan penting para video editor.

Guru bisa berperan pula sebagai video editor menggunakan beberapa aplikasi yang kini tersedia. Sebut saja KineMaster, Apple iMovie, adobe premier, inshot dan masih banyak lagi. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat digunakan pemula pada perangkat telepon genggam maupun komputer secara mudah. Dengan begitu, tampilan video pada materi pembelajaran akan semakin menarik.

Social Media

Skill mengajar online selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mengetahui penggunaan sosial media. Sosial media menjadi salah satu alat menarik dalam menyampaikan pesan khususnya kepada anak muda. Dengan guru paham akan tren yang sedang dibicarakan di sosial media, pembelajaran akan lebih menyenangkan dan tentunya

murid akan cepat memahami. Namun, cara satu ini harus diperhatikan dengan benar agar tidak muncul persepsi tidak baik dari cara penyampaian sebuah pesan.

Kurang bijak dalam penggunaan sosial media justru akan membawa citra tidak baik pada institusi. Gunakan bahasa sederhana yang baik dan benar tanpa menyinggung pihak-pihak yang tidak perlu disebutkan. Guru bisa mulai dengan mempelajari penggunaan akun Instagram, TikTok, maupun Facebook dan lihat perkembangannya. Selain itu, guru pun bisa minta bantuan para siswa untuk mengulik informasi menarik yang sedang menjadi trending topic.

Public Speaking

Public speaking pun masuk dalam daftar skill penunjang dalam pembelajaran online. Berbicara tatap muka secara langsung maupun melalui jarak jauh perlu kemampuan berkomunikasi yang baik agar pesan yang ingin disampaikan dapat dimengerti oleh murid. Hal ini membuat pembelajaran semakin efektif dan tentunya berjalan dengan lancar.

Guru harus mampu menyampaikan materi di depan khalayak luas tanpa rasa grogi maupun terbata-bata. Hal tersebutlah yang bisa dipelajari dari public speaking. Teknik berbicara yang lugas, tertata dan jelas menjadi ciri utama guru yang benar-benar menguasai materi.

Kemampuan Literasi Informasi

Kemampuan literasi informasi dibutuhkan setiap manusia pada semua kelompok usia. Hal ini akan menentukan kinerja dan kemampuan pengetahuan yang disaring dalam bentuk lisan maupun komunikasi. Menggunakan komunikasi secara tepat, menganalisa, hingga penyampaiannya dibuat dalam kemampuan yang seimbang. Kemampuan ini dapat menciptakan pembelajaran online yang berjalan lancar.

Guru harus mempunyai kemampuan dalam mengembangkan sebuah gagasan, pemecahan masalah, menetapkan informasi yang relevan dengan materi hingga mengenali kebutuhan informasi. Hal ini cenderung menjadi kemampuan dasar, namun bila tidak diasah dengan baik dan benar, akan berakibat pada keterbatasan informasi. Sebagai pendidik, sumber informasi merupakan aset utama dalam terciptanya pembelajaran yang benar dan efektif.

Psikologi dan Tumbuh Kembang Anak

Tumbuh kembang dan psikologi anak juga merupakan salah satu hal dasar dalam sisi pengajar. Guru harus mampu memilah karakter anak dan menerapkan penyampaian pembelajaran yang berbeda antar anak. Itulah mengapa skill mengajar online dalam tingkatan psikologi dan tumbuh kembang menjadi penting.

Mengenali berbagai masalah belajar, psikologi murid, hingga mampu mengenali gejala murid yang memiliki masalah khusus (misal ADHD, anxiety, spektrum autisme, dsb) menjadi nilai tambah untuk pendidik. Hal ini juga menjadikan orang tua dengan anak berkebutuhan khusus pun tidak merasa dikucilkan.

Beberapa skill mengajar online di atas diantaranya mungkin terbilang dasar, namun bila dinomorduakan akan berakibat buruk pada waktu jangka panjang. Ada baiknya guru selalu update pengetahuan secara berkala dan tetap mengikuti perkembangan era digital. Hal tersebut dikarenakan teknologi yang semakin cepat bergerak, bila tidak didukung dengan sumber daya yang memiliki kemampuan hasilnya tidak sepadan.