7 Aplikasi Belajar Online Untuk Menyelesaikan Tugas

7 Aplikasi Belajar Online Untuk Menyelesaikan Tugas

  • Teachmint
    Teachmint

Salah satu masalah yang terjadi dalam masa pembelajaran online ini adalah guru dan murid bingung harus menggunakan aplikasi jenis apa saja dalam menyelesaikan setiap tugas dan tanggung jawab mereka. โ€œPakai aplikasi apa ya?โ€ Ini pertanyaan yang sering ditanyakan. Tetapi, tenang saja, di artikel kali ini, akan dibahas aplikasi apa saja yang dapat menolongmu untuk menyelesaikan tugas dalam masa pembelajaran daring ini. Simak penjelasannya.

Aplikasi perekam layar

Aplikasi perekam layar adalah sebuah alat yang membantu baik guru dan murid merekam layar laptop, komputer, tablet, dan telepon genggam mereka. Bagi guru, ini akan memudahkan untuk merekam materi pelajaran yang sudah disiapkan agar dapat disaksikan secara asinkronus oleh murid. Selanjutnya, bagi murid, aplikasi ini akan menolong dalam mengerjakan tugas yang membutuhkan menjelaskan sambil memperlihatkan presentasi.

Contoh penggunaan oleh guru, misalkan, guru membuat terlebih dahulu materi atau hal yang ingin disampaikan baik menggunakan aplikasi bantuan secara offline maupun online. Selanjutnya, dengan bantuan aplikasi perekam layar, guru bisa membaca sambil menjelaskan materi di presentasi ini. Selain itu, contoh penggunaan oleh murid, misalkan murid membuat sebuah tugas presentasi, kemudian ia bisa membaca isi presentasi ini sambil merekam dirinya.

Aplikasi presentasi

Aplikasi presentasi merupakan alat yang menolong guru dalam menyusun bahan ajar dan murid dalam membuat tugas yang diberikan guru. Manfaat dari aplikasi ini untuk guru adalah bahan ajar bisa disajikan secara runut, jelas, serta menarik. Bagi murid, aplikasi ini akan memudahkan dalam penyusunan materi presentasi, jika tugasnya memang adalah membuat atau menyampaikan sebuah materi presentasi.

Dalam masa pembelajaran online, aplikasi ini dapat digunakan oleh guru untuk memindahkan bahan-bahan ajar yang dikumpulkan dari berbagai sumber agar bisa diakses dalam satu dokumen. Demikian halnya bagi murid, dengan menggunakan aplikasi presentasi, mereka dapat terbantu dalam penyediaan wadah terfokus untuk menampung berbagai macam hasil dari riset mereka, baik yang dilakukan secara online maupun offline.

Aplikasi agenda digital

Aplikasi agenda digital adalah sebuah alat yang menolong guru dan murid menyusun agenda harian, tetapi bukan di buku catatan pribadi, melainkan di aplikasi digital. Bagi guru, ini akan memudahkan untuk penyusunan agenda dalam satu alat kerja, yakni komputer, bukan di tempat lain (seperti buku tulis). Bagi murid, ini juga akan menolong untuk membangun rutinitas harian yang dibantu dengan alat teknologi favorit mereka, seperti tablet, telepon genggam, atau laptop.

Dalam hal penggunaannya, guru dapat menggunakan aplikasi agenda digital dengan menuliskan satu hal yang akan diselesaikan pada hari itu, dan berbagai macam hal lainnya yang mungkin juga akan diselesaikan di hari tersebut. Bagi murid, mereka dapat mengatur kapan mereka harus mengerjakan tugas, mempelajari materi, istirahat, serta mengembangkan hobi. Aplikasi agenda digital ini tentunya akan menambah produktivitas di masa pembelajaran online ini!

Aplikasi stopwatch

Aplikasi stopwatch merupakan sebuah alat bantu untuk menghitung waktu maju atau mundur. Dengan menggunakan aplikasi ini, guru dapat membuat aktivitas pembelajaran menjadi tepat waktu, tidak kekurangan atau kelebihan. Bagi murid, ini juga akan menolong mereka tidak terlalu lama dalam bermain gadget, dan meluangkan waktu yang pantas dalam mempelajari materi dan mengerjakan tugas.

Di masa pembelajaran jarak jauh ini, guru dapat menggunakannya dengan melakukan screen sharing saat mengajar dan meminta murid melakukan aktivitas tertentu, lalu guru menampilkan juga stopwatch agar murid tahu berapa lama waktu yang mereka miliki. Bagi murid, aplikasi ini dapat digunakan secara asinkronus, misalnya memberikan waktu 15 menit untuk istirahat, 30 menit untuk mengerjakan tugas, 15 menit untuk istirahat lagi, dan 30 menit untuk belajar materi.

Aplikasi poster digital

Aplikasi poster digital adalah sebuah alat untuk membantu guru dan murid dalam membuat sebuah poster atau karya gambar dalam bentuk digital. Bagi guru, biasanya ini digunakan dalam mata pelajaran Seni Budaya, khususnya topik seni visual. Bagi murid, mereka biasanya menggunakan aplikasi poster digital untuk membuat poster, banner, reklame, atau apapun itu dalam bentuk gambar digital, dalam asesmen yang diberikan oleh guru.

Dalam masa pembelajaran daring ini, semua penugasan atau asesmen dari guru harus dialihkan secara digital. Misalnya, jika di kelas kecil murid mewarnai lembar kerja di kelas, di masa pembelajaran online ini, semua lembar kerja harus dialihkan menjadi softcopy, dan diwarnai melalui tablet, telepon genggam, atau komputer. Tetapi, tentunya bagi murid ini akan memberikan sebuah manfaat lebih, yakni dapat lebih mengeksplor ide-ide yang ada di internet.

Aplikasi edit video

Aplikasi edit video merupakan aplikasi untuk mengedit video untuk kebutuhan pemotongan klip, pengeditan suara atau efek suara, pemberian efek gambar, serta pemberian teks penjelasan pada klip. Dengan adanya aplikasi edit video, guru akan terbantu untuk membuat video penjelasan materi pelajaran. Bagi murid, mereka akan terbantu dalam membuat penugasan video yang diberikan oleh guru, atau bahkan mengeksplor hobi mereka sebagai seorang produser!

Contoh penggunaannya dalam masa pembelajaran online ini, misalkan guru dapat memberikan penugasan kepada murid untuk membuat sebuah video pidato. Kemudian, video ini haruslah diambil di tiga lokasi dan tiga kostum yang berbeda. Untuk menyatukan semua klip, murid harus menggunakan sebuah aplikasi edit video. Setelah itu, murid juga bisa menambahkan beberapa teks, seperti nama dan kelas mereka, serta apa judul dari pidato mereka.

Aplikasi catatan digital

Aplikasi catatan digital adalah sebuah alat bantu yang digunakan guru dan murid untuk menuliskan catatan mengenai materi pelajaran secara digital. Perbedaan utama aplikasi catatan digital dan aplikasi presentasi adalah pada aplikasi catatan digital, difokuskan kepada teks, bukan fitur untuk menghias catatan seperti yang ada pada aplikasi presentasi. Fiturnya lebih terbatas, tetapi mampu untuk menyimpan catatan dengan volume yang besar!

Dalam pembelajaran daring, guru dapat membuat sebuah handout yang kemudian dapat disalin oleh murid untuk dapat disimpan dalam aplikasi catatan digital mereka. Murid juga dapat menyalin yang mungkin menurut mereka paling penting saja. Kemudian semua catatan ini akan disimpan dan diatur agar bisa lebih rapi. Misal, dibagi sesuai dengan mata pelajaran, dan di dalam setiap mata pelajaran, akan dibagi lagi sesuai topik materi.