7 Tanda Sekolah Online Sukses

7 Tanda Sekolah Online Sukses

  • Teachmint
    Teachmint

Pengalaman belajar secara online atau disebut juga dengan PJJ kian lama kian menyenangkan. Baik guru maupun murid pelan-pelan mulai belajar beradaptasi menyesuaikan gaya belajar era masa kini. Walaupun tidak sedikit pula yang kurang setuju dengan pembelajaran jarak jauh, namun pada akhirnya semua aspek bisa memahami dan mengerti. Seperti apa tanda sekolah online sukses?

Sekolah online bisa dikatakan berjalan dengan lancar bila segala aspek pendukung di dalamnya bisa bekerjasama dengan baik mewujudkan tujuan pembelajaran efektif. Ciri-ciri nya dapat dilihat dari beberapa poin terlampir.

1. Murid Bersemangat untuk Belajar

Tanda sekolah online sukses bisa dilihat dari karakter individual para murid. Saat waktu sekolah dimulai, murid terlihat bersemangat tanpa perlu dibantu oleh orang tua. Murid terbiasa menyiapkan bahan yang diperlukan sendiri dengan rentan waktu yang telah disepakati.

Hal ini bisa terlihat dari perilaku bagaimana ia sehari-hari menyambut sekolah online. Bila murid masih saja bermalas-malasan dan terlihat acuh tak acuh, itu artinya sekolah belum menemukan sistem pembelajaran yang tepat sebagai tanda sekolah tersebut sukses menerapkan metode pembelajaran online. Cari solusi bersama untuk hasil yang positif.

2. Murid Berpartisipasi Aktif dalam Kelas

Guru pun dapat melihat pula peran aktif dari murid yang senang berpartisipasi di dalam kelas. Ciri satu ini dapat menjadi acuan pembelajaran yang menyenangkan. Murid yang senang berpartisipasi tanpa rasa malu dapat membantu teman lainnya. Metode tersebut terbukti berhasil bila komunikasi antar murid terjalin dengan baik.

Salah satu cara sederhana untuk menerapkan metode ini adalah guru pelan-pelan memberikan tugas harian yang dikerjakan bergantian. Seperti memimpin doa saat kelas dimulai ataupun membuat salah satu murid untuk berganti peran menjadi guru. Murid akan sangat senang mengabsen teman-temannya dan membantu mereka saling mengenal lebih dalam. Dan dengan cara ini siswa tidak akan merasa bosan di dalam kelas.

3. Murid Tidak Takut Salah

Beberapa murid memang terkadang terlihat jelas lebih unggul dibanding teman-teman lainnya. Ia tidak akan takut untuk berbicara walaupun salah dan menjadi superior di antara teman sekelasnya. Hal ini bisa menjadi salah satu tanda sekolah online sukses.

Murid seperti ini mampu menciptakan suasana belajar menarik bagi teman-temannya. Dengan perilaku murid tidak takut salah ini, murid lainnya akan termotivasi apalagi dengan dukungan dari para guru di dalamnya. Bangun komunikasi yang baik agar murid di dalamnya pun merasa dihargai.

4. Murid Menikmati Proses Mengerjakan Tugas


Bila para pendidik masih ragu akan efektivitas dari pembelajaran online, guru bisa melihat dari perilaku sehari-hari. Seperti salah satunya adalah murid yang menikmati proses dalam pengerjaan tugas dari sekolah. Tugas-tugas yang diberikan oleh para guru mampu murid kerjakan dengan baik sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan.

Tanda sekolah online sukses tersebut dapat dijaga dengan baik dengan memberikan ragam tugas menarik. Dengan begitu murid tidak cepat bosan dan mampu mengerjakan tugas dari sekolah dengan baik dan benar.


5. Pemahaman Murid Meningkat

Ciri lainnya dalam melihat tanda sekolah online sukses adalah pemahaman materi oleh para murid meningkat. Dengan adanya hal tersebut, sekolah telah berhasil menyampaikan materi pembelajaran yang dipahami oleh para murid. ย Bila tanda satu ini sudah terlihat, guru hanya perlu mempertahankan metode yang telah dipilih tetapi tetap memperbaharui dalam segi teknis.

Mayoritas murid, kini lebih menyukai penyampaian pesan secara visual yang menarik dengan ragam karakter sederhana dari kehidupan sehari-hari. Disini terlihat jelas bahwa guru melek teknologi sangat dibutuhkan untuk penunjang pembelajaran online yang kian bervariasi.

6. Orang Tua Tidak Perlu Terlibat Jauh

Seperti yang telah disinggung pada poin murid semangat belajar, orang tua kini tidak perlu lagi terlibat pembelajaran online lebih jauh. Orang tua pun harus mempunyai sikap yang tegas dalam membimbing anak menyelesaikan tugas sekolah sendiri tanpa bantuan orang tua. Walaupun perlu proses sampai ke tahap ini, kepercayaan yang dibangun bersama akan menghasilkan hasil positif di kemudian hari.

Perlahan, orang tua bisa melepas anaknya saat pembelajaran online berlangsung, hingga murid akan meminta bantuan orang tua bila dirasa diperlukan. Percaya sepenuhnya kepada anak sambil tetap dipantau menjadi cara terbaik menciptakan murid yang sukses sekolah online.

7. Nilai Akhir Memuaskan

Untuk tahapan terakhir dari terlihatnya tanda sekolah online sukses adalah nilai akhir dari para murid. Nilai tersebut bisa menjadi ajang evaluasi kedua belah pihak. Nilai utuh yang terlihat pada indeks kemampuan per mata pelajaran bisa mewakili kinerja dari murid dan guru selama periode tersebut.

Bagaimana, cukup mudah bukan melihat tanda-tanda sekolah online sudah berjalan efektif atau tidak? Hal yang perlu diperhatikan adalah baik pihak sekolah maupun murid dan orang tua tidak pernah berhenti untuk saling introspeksi agar tercipta alur pembelajaran yang baik. Jangan pernah merasa memiliki tingkat kemampuan lebih, karena proses belajar mengajar tidak terlepas dari peran guru maupun murid untuk menciptakan pembelajaran yang efektif.