Panduan Mengajar Sekolah Online dan Pembelajaran Jarak Jauh

Panduan Mengajar Sekolah Online dan Pembelajaran Jarak Jauh

  • Teachmint
    Teachmint

Sekolah online sudah menjadi hal yang familiar di masa pandemi ini. Entah itu sekolah yang sudah lama maupun berdiri, semua sedang mengusahakan pembelajaran jarak jauh. Tetapi, masalah yang muncul adalah sistem sekolah online sangat berbeda dengan tatap muka, mulai dari perangkat yang dibutuhkan, cara membawakan materi, serta bagaimana memberikan penugasan. Apakah ini merupakan kesulitanmu juga?

Tetapi, jangan khawatir, di artikel ini akan dibahas secara lengkap bagaimana mengajar sekolah online atau belajar dari rumah. Panduan berikut ini dapat memberikan gambaran besar maupun hal praktis apa yang dapat diterapkan dalam mengajar di konteks sekolah online. Simak penjelasannya.

Definisi sekolah online

Sekolah online adalah kegiatan belajar mengajar yang sama dengan sekolah reguler, tetapi dilakukan secara daring atau virtual. Sekolah online ini memiliki istilah lain di masyarakat, seperti pembelajaran daring, pembelajaran virtual, pembelajaran jarak jauh, kelas online, kelas virtual, kelas maya, pembelajaran hybrid, atau pembelajaran campuran. Dalam konteks artikel ini, yang dibahas adalah sekolah yang dilakukan secara full online.

Selanjutnya, sekolah online tidak mungkin diterapkan jika hanya mengandung kekurangan; ada juga kelebihan dari sekolah online. Selain karena sekolah online adalah kebutuhan kegiatan belajar mengajar di masa pandemi ini, ada juga beberapa manfaat dalam mengimplementasikan sekolah online, yakni, pendidikan lebih merata, jadwal lebih fleksibel dan biaya lebih rendah. Selanjutnya akan dijelaskan dengan lengkap di bawah ini.

Manfaat sekolah online

Pertama, dengan sekolah online, Indonesia dapat membuat pemerataan pendidikan karena negara Indonesia adalah negara yang sangat luas dan masih banyak daerah di Indonesia yang sulit dijangkau oleh transportasi umum. Sekolah online bisa menjadi solusi karena dapat diakses dimana saja, siapa saja, kapan saja. Ini karena sekolah online tidak dibatasi dengan dinding sekolah atau tempat yang tersedia secara langsung; ia dilaksanakan secara virtual.

Kedua, sekolah online memiliki jadwal yang fleksibel sehingga memungkinkan murid untuk mengatur waktu belajar mereka sendiri. Ini karena kegiatan belajar mengajar ada yang bisa dilakukan secara sinkronus (melalui pertemuan online) dan ada juga asinkronus (melalui video pembelajaran). Hal ini akan sangat bermanfaat, terutama bagi orang tua yang sibuk bekerja dan murid yang memiliki kegiatan penting lainnya.

Ketiga, sekolah online seringkali lebih murah daripada sekolah reguler. Hal ini karena tidak ada biaya gedung, listrik, serta peralatan fisik yang harus dibayarkan. Mengenai sumber belajar, ini juga dapat diakses secara virtual, tidak harus buku cetak. Bahkan, dapat dikatakan, hanya dengan bermodalkan perangkat dan internet, murid bisa mengikuti sekolah online!

Model pembelajaran sekolah online

Model pembelajaran yang cocok untuk sekolah online adalah pembelajaran berbasis proyek atau sering disingkat dengan PjBL. Pembelajaran berbasis proyek adalah model pembelajaran yang menjadikan suatu proyek sebagai media utama kegiatan belajar mengajar.

Pendekatan pembelajaran berbasis proyek ini memiliki tujuan utama untuk memberikan pelatihan kepada murid untuk membantu mereka lebih banyak berkolaborasi, bekerja sama, dan berempati dengan orang lain. Selain itu, melalui model PjBL, murid bisa dilatih kemandirian belajar serta dikembangkan keterampilan berpikir kritisnya.

Menurut Mendikbud, metode pembelajaran berbasis proyek ini sangat efektif diterapkan pada murid dengan membentuk kelompok kecil untuk mengerjakan proyek, eksperimen, dan menemukan hal baru. Metode pembelajaran ini sangat cocok untuk murid yang berada di zona kuning atau hijau sebab banyak k. Saat melakukan metode pembelajaran ini, protokol kesehatan yang ketat perlu diperhatikan.

Metode dan strategi mengajar sekolah online

Dalam melaksanakan sekolah online, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, berikan umpan balik kepada murid. Jika tidak ada ruang untuk sesi satu lawan satu, cobalah untuk mengambil dan memberikan umpan balik pada teks, atau bahkan email.

Kedua, cepat beradaptasi terhadap platform pembelajaran yang digunakan. Prioritas utama Anda harus membiasakan diri dengan gangguan/keterbatasan teknologi paling umum yang Anda alami dan berupaya mencari cara untuk menyelesaikannya.

Ketiga, penggunaan gamifikasi. Gamifikasi dalam pembelajaran daring muncul sebagai teknik yang efektif untuk melibatkan pelajar. Gamifikasi ampuh untuk digunakan di kelas karena alasan sederhana, yaitu membuat belajar lebih menyenangkan. Lingkungan belajar yang menyenangkan membuat murid yang ingin tahu yang lebih besemangat untuk berpartisipasi dan dengan demikian dapat belajar secara kreatif.

Merencanakan pembelajaran online

Lebih daripada itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merancang sekolah online. Pertama, mulailah perancangan dengan empati. Lihatlah pengalaman belajar online yang Anda tawarkan dari perspektif murid. Apakah penggunaanya dan navigasinya mudah? Apakah sekolah online ini mendukung pembelajaran dan mampu membangun komunitas? Jika Anda mengajukan pertanyaan kunci ini saat merancang, pengalaman akan lebih baik untuk komunitas.

Kedua, latihlah diri untuk membuat desain yang baik. Rancanglah sekolah online yang dapat menyediakan satu tempat untuk pembaruan harian atau mingguan, materi pembelajaran, tugas, aktivitas, tautan rapat, nilai, umpan balik, dan semua hal lain yang murid butuhkan.

Ketiga, belajarlah untuk konsisten. Terimalah jika sekolah menawarkan template untuk LMS. Bicaralah dengan rekan kerja untuk membangun konsistensi di seluruh tim, gedung, atau daerah. Berikut adalah beberapa panduan untuk konsistensi: terus perlihatkan kebiasaan kepada murid untuk melihat dengan cepat apa yang harus mereka lakukan, buat konvensi penamaan untuk folder online (misalnya, topik dan tanggal), dan gunakan seperangkat kecil alat digital efektif yang mudah diingat bagi semua orang.

Manajemen kelas sekolah online

Dalam sekolah online, prinsip manajemen kelas secara umum sama dengan sekolah biasa yang dilakukan secara tatap muka. Prinsip manajemen kelas secara umum adalah dibuatnya aturan dan prosedur, serta melakukannya secara konsisten hari demi hari. Hal ini juga termasuk konsekuensi jika melanggar aturan yang telah dibuat. Dengan adanya aturan dan prosedur, kelas online akan berlangsung dengan lebih teratur, efektif, dan efisien.

Sebagai contoh, dalam kelas online, guru dapat membuat aturan tentang minimal kehadiran, harus hadir dalam pertemuan online berapa menit sebelum, penggunaan seragam (jika ada), serta bagaimana tahapan konsekuensi yang diberikan jika murid tidak mengikuti aturan tersebut.

Selanjutnya, dalam hal prosedur, menggunakan fitur raise hand jika ingin berbicara atau bertanya, bagaimana etika mengirimkan pesan kepada guru, serta apa yang harus dilakukan jika berhalangan hadir dalam kelas online.

Tips memilih aplikasi pembelajaran

Aplikasi pembelajaran adalah alat atau media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru atau murid untuk memfasilitasi kegiatan belajar mengajar dengan lebih baik. Dengan terfasilitasi pembelajaran, harapannya kinerja atau performa murid dapat meningkat dalam masa sekolah online, yang terlihat dari hasil belajar mereka.

Adapun aplikasi pembelajaran terdiri dari banyak kegunaan, seperti untuk menarik perhatian murid, wadah berkomunikasi, tempat penyimpanan media belajar, bahkan bisa juga sebagai wadah pengumpulan tugas, serta melakukan penilaian.

Sebagai contoh, guru dapat menggunakan YouTube untuk menampilkan video-video menarik yang dapat menarik perhatian murid di awal pembelajaran. Selain itu, sekarang terdapat banyak wadah penyimpanan daring (online drive) dimana guru dapat menaruh semua materi pelajaran sehingga murid dapat mengakses dan belajar darinya kapan pun dan dimana pun.

Selanjutnya, ada juga aplikasi yang khusus digunakan sebagai alat bantu penyelesaian asesmen formatif maupun sumatif murid. Misal, saat tatap muka, murid bisa membuat poster. Tetapi, saat belajar online, murid harus membuat poster digital.

Tips membuat sekolah online lebih menyenangkan

Sekolah online yang menyenangkan adalah sekolah online yang menumbuhkan minat murid untuk mengikuti pembelajaran dari rumah. Saat murid memiliki minat untuk belajar online, maka akan lebih mudah juga bagi guru untuk melibatkan murid dalam pembelajaran, seperti meminta mereka meingikuti aktivitas pembelajaran yang diberikan, menyelesaikan latihan, membagikan pendapat dan pertanyaan, serta menyelesaikan asesmen formatif maupun sumatif.

Untuk membuat sekolah online lebih menyenangkan, setidaknya ada 2 hal yang dapat dilakukan guru. Pertama, mengusahakan pembelajaran relevan dengan kehidupan murid. Misalnya, alih-alih guru meminta murid menyelesaikan soal cerita dari guru, sebaliknya guru dapat meminta murid yang membuat soal cerita. Dengan demikian, murid dapat membuat soal cerita berdasarkan kisah hidup mereka, minat mereka, serta apa yang sedang ada dipikiran mereka.

Selain itu, guru juga bisa menyiapkan aktivitas yang beragam dalam setiap pertemuan online. Misalnya, dalam 1 jam sesi sinkronus, guru dapat menyiapkan setidaknya 3 aktivitas, agar pembelajaran bisa berlangsung dinamis, tidak monoton.

Do's and don'ts yang guru harus perhatikan

Doโ€™s and donโ€™ts adalah hal-hal yang harus dan tidak boleh dilakukan oleh guru selama masa pembelajaran jarak jauh. Dengan memperhatikan hal-hal berikut ini, guru bisa memiliki fokus yang jelas antara apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan.

Hal-hal yang harus dilakukan guru adalah: (1) memastikan aturan dan prosedur sudah siap, dan harus diberitahukan kepada murid di masa awal pembelajaran; (2) daftar aplikasi pembelajaran yang dapat digunakan, minimal 3 aplikasi; serta (3) bersifat fleksibel, sebab banyak rintangan yang akan ditemui dalam sekolah online.

Di sisi lain, hal-hal yang tidak boleh dilakukan guru adalah: (1) menambah kerepotan orang tua di rumah; misalnya, alih-alih meminta orang tua menyiapkan bahan-bahan praktikum di rumah, guru dan sekolah dapat menyiapkannya untuk murid dan orang tua; (2) memberikan instruksi yang tidak jelas; gunakan prinsip 5W+1H dalam memberikan instruksi; serta (3) tidak membangun relasi dengan murid; tanpa relasi, proses pendidikan akan menjadi hal yang hambar dan memusingkan bagi murid.

Tips memilih aplikasi sekolah online

Aplikasi sekolah online berbeda dengan aplikasi pembelajaran. Jika aplikasi pembelajaran tujuan utamanya adalah memfasilitasi aktivitas pembelajaran, di sisi lain aplikasi sekolah online adalah aplikasi yang dapat mewujudkan terjadinya pembelajaran jarak jauh. Secara sederhana, tanpa menggunakan aplikasi pembelajaran apa pun, hanya dengan aplikasi sekolah online ini, pembelajaran daring dapat terlaksana.

Salah satu aplikasi sekolah online yang dapat digunakan guru adalah Teachmint. Dikutip dari Google Play Store, Teachmint adalah salah satu aplikasi all-in-one terbesar untuk guru, sekolah, dan lembaga pelatihan untuk mengelola ruang kelas online dan offline di satu tempat.

Dengan menggunakan Teachmint, aktivitas pengajaran dan manajemen kelas online, membuat tes & kuis, berbagi materi pelajaran & pekerjaan rumah, mengobrol dengan murid, melakukan kelas online sinkronus, merekam pelajaran sinkronus, mengajar menggunakan papan tulis digital, mengotomatiskan kehadiran, dapat dilakukan dengan mudah.

Nah, bagaimana? Mudah, bukan, untuk melaksanakan kelas online agar dapat mengajar dari rumah? Semoga panduan ini membantu ya. Jika kamu memiliki pertanyaan, silahkan tuliskan di kolom komentar. Tuliskan juga materi atau tulisan yang kamu butuhkan. Semangat mengajar kelas online!