Enterprise Resource Planning | Manajemen Sekolah

Enterprise Resource Planning (ERP) untuk Manajemen Sekolah

  • Teachmint
    Teachmint

Perusahaan yang berkembang akan mencapai titik dimana cara manual sudah tidak bisa menyelesaikan berbagai tugas. Disinilah perangkat lunak Enterprise Resource Planning berperan: Sistem ERP mengumpulkan dan mengatur informasi bisnis dan membantu organisasi menjalankan operasi yang ramping dan efisien..

Sebagian besar profesional bisnis telah mendengar istilah "ERP", tetapi mereka mungkin tidak tahu persis apa yang dapat dilakukan Enterprise Resource Planning untuk tim mereka. Kami akan menjelaskan dengan tepat apa itu ERP, cara kerjanya, apa yang dapat dilakukannya untuk bisnis, cara memilih solusi yang tepat, dan banyak lagi.

Baca terus artikel ini untuk jawaban atas hampir semua pertanyaan yang mungkin dimiliki tentang Enterprise Resource Planning.

Apa itu ERP?

ERP adalah sistem perangkat lunak yang membantu Anda menjalankan seluruh kegiatan bisnis, termasuk proses di bidang keuangan, sumber daya manusia, manufaktur, rantai pasokan, layanan, pengadaan, dan banyak lagi.

Mengapa harus menggunakan ERP?

Perangkat lunak ERP adalah rangkaian besar aplikasi terintegrasi yang mengelola proses bisnis sehari-hari dan mengotomatiskan fungsi back-office. Sistem ini dirancang untuk memusatkan dan mengoptimalkan operasi agar mengurangi tenaga kerja manual.

Perangkat lunak ERP yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan bisnis individu memberikan keuntungan besar, menjadikan sistem ini sebagai alat penting bagi perusahaan di seluruh industri dan dari semua ukuran. Banyak perusahaan paling terkenal dan paling sukses di dunia telah menggunakan ERP selama seperempat abad terakhir. Sekarang, perangkat lunak ini dapat dikonfigurasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis semua ukuran.

Apa saja contoh ERP?

Banyak bisnis modern dilakukan melalui layanan berbasis komputer dan Internet. Karena itu, hampir tidak mungkin bagi seseorang secara manual untuk melacak semua data yang diandalkan oleh bisnis mereka. Di sinilah perangkat lunak ERP bekerja.

Perangkat lunak ERP terintegrasi dengan operasi bisnis inti, seperti sistem pelacakan inventaris, gateway pembayaran eCommerce, serta pengiriman dan penanganan. Kita tidak perlu lagi membuka data melalui beberapa program perangkat lunak ketika kita bisa memiliki jawaban yang dibutuhkan di satu tempat. Berikut adalah beberapa perusahaan perangkat lunak ERP terkemuka:

  • SAP S/4HANA: Layanan ini dikenal karena kompatibilitasnya yang luas dengan berbagai ukuran perusahaan dan perangkat lunak yang ada.
  • Oracle Cloud ERP: Oracle adalah salah satu perusahaan perangkat lunak paling mapan di dunia. Mereka membanggakan berbagai kemampuan dalam solusi ERP mereka, termasuk biaya dan manajemen risiko.
  • Sage: Perusahaan ini dikenal dengan kemampuan integrasi pihak ketiga yang luas dan berguna untuk perusahaan kecil dengan pertumbuhan tinggi.
  • Epicor ERP: Epicor menawarkan skalabilitas dan penyesuaian tingkat tinggi untuk bisnis dengan ukuran berbeda. Juga mencakup opsi untuk kegunaan in-house atau berbasis cloud.

Bagaimana menggunakan ERP untuk manajemen sekolah?

Pandemi telah memaksa sekolah untuk melakukan transformasi besar-besaran dalam menangani operasional sehari-hari dan pendidikan siswa. Sekolah telah beralih dari offline ke online dan kemudian kembali offline lagi dalam hitungan tahun.

Satu hal yang telah membantu sekolah mengelola perubahan yang sedang berlangsung ini adalah adopsi teknologi. ERP Sekolah adalah salah satu teknologi tersebut. ERP sekolah membantu mencapai keunggulan akademik dan operasional dengan menghubungkan berbagai departemen ke sistem terpusat dan menangani semua aktivitas penting dan mudah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih sebuah ERP?

Setiap sekolah memiliki persyaratan, kebutuhan, dan anggaran yang unik, itulah sebabnya sistem ERP sekolah terbaik dapat bervariasi dari satu sekolah ke sekolah lainnya. Berikut adalah daftar faktor yang harus dipertimbangkan sebelum mencari sistem ERP:

  • Fitur: Apa saja fitur yang dicari? Apakah manajemen kehadiran atau membuat laporan untuk analisis? Buat daftar semua fitur yang diperlukan.
  • Tampilan yang ramah pengguna: Sistem ERP harus memiliki tampilan yang bahkan orang yang tidak paham teknologi akan merasa nyaman. Segala sesuatu mulai dari navigasi hingga fitur harus mudah dioperasikan.
  • Keamanan: Bagaimana jika kertas ujian bocor sebelum ujian? Atau bagaimana jika seseorang mendapatkan akses ke catatan kesehatan rahasia siswa? Keamanan data adalah kebutuhan saat ini dan solusi ERP harus menyediakannya dengan biaya berapa pun.
  • Opsi Kustomisasi: Kita mungkin memerlukan fitur yang berbeda setelah mulai menggunakan perangkat lunak. Dapatkah solusi ERP menyediakan penyesuaian ini? Dapatkah integrasi dilakukan pada tahap selanjutnya saat mulai menggunakan alat dan aplikasi yang berbeda untuk mengelola operasi? Ini adalah pertanyaan yang harus terjawab pada tahap awal.
  • Dukungan: Bagaimana jika kita memerlukan pembaruan penting atau menghadapi masalah saat mengoperasikan sistem? Dalam kasus seperti itu, jika dukungan yang baik tidak tersedia, banyak sekolah harus mencari solusi yang berbeda atau kembali ke cara kerja lama mereka.

Hal terpenting yang perlu diingat adalah keberhasilan mengimplementasikan sistem ERP membutuhkan komitmen dan manajemen perubahan yang hati-hati. Dibutuhkan waktu dan sumber daya untuk membuat semuanya bekerja sebagaimana mestinya untuk mendukung kebutuhan perusahaan atau sekolah, dan itu pasti tidak akan terjadi dalam semalam.