Jenis Kelas Online Prakerja yang Paling Diminati

Jenis Kelas Online Prakerja yang Paling Diminati

  • Teachmint
    Teachmint

Golongan prakerja merupakan golongan yang paling banyak memiliki minat tinggi untuk mengikuti berbagai pendidikan dan pelatihan online. Hal ini karena mereka memang perlu giat meningkatkan skill mereka agar bisa lebih mudah memasuki dunia kerja. Kelas online prakerja yang tersedia pun banyak ragamnya, sehingga mereka memiliki banyak pilihan untuk mengembangkan diri sesuai minat masing-masing.

Bagi penyelenggara pendidikan, berikut adalah berbagai jenis kelas online prakerja yang paling banyak diminati akhir-akhir ini.

Bahasa Inggris

Dengan era globalisasi seperti sekarang ini, bahasa inggris menjadi kebutuhan dasar, bukan lagi keterampilan tambahan. Semua orang merasa harus lebih mahir berbahasa inggris jika ingin bisa mengembangkan karir atau bisnisnya.

Oleh sebab itu, kelas bahasa inggris yang diminati pun beragam levelnya. Mulai dari yang level pemula untuk orang dewasa yang belum paham bahasa inggris sama sekali, hingga ke level mahir untuk meraih TOEFL yang spektakuler pun ramai peminatnya. Metode kelas yang dicari pun beragam, mulai dari kelas gratisan yang banyak muridnya, hingga kelas privat yang tarifnya tinggi sekalipun.

Selain bahasa inggris, ada juga berbagai bahasa asing lain yang bisa meraih banyak peminat melalui kelas online prakerja. Beberapa contoh yang paling populer antara lain kelas bahasa mandarin dan bahasa arab.

Manajemen Bisnis Rumahan

Bisnis rumahan saat ini menjadi alternatif yang menarik bagi kaum prakerja, baik untuk mengisi waktu luang secara produktif atau demi memiliki tambahan income selain dari gaji. Dengan tingginya persaingan pasar, maka tidak mengherankan jika para pelaku usaha UMKM ini pun berambisi untuk belajar lebih banyak tentang manajemen bisnis rumahan.

Kelas online prakerja yang diminati dalam hal manajemen bisnis rumahan termasuk pelatihan menyiapkan rencana bisnis, meningkatkan keterampilan, merekrut karyawan, hingga manajemen risiko dan investasi. Intinya, apapun yang bisa membantu mereka menjalankan bisnis dengan lebih baik pasti akan mereka pelajari.

Program mentoring online untuk pelatihan manajemen bisnis rumahan pun cukup populer, terutama bagi pengusaha level pemula yang sungguh-sungguh ingin meningkatkan daya saingnya. Dalam program ini, sang mentor diharapkan dapat membantu muridnya mengembangkan bisnisnya agar lebih stabil dan menguntungkan

Penjualan Online

Sistem jual beli online yang makin menjamur pun memaksa banyak pelaku bisnis untuk melakukan digitalisasi. Sayangnya, masih banyak pebisnis skala menengah ke bawah yang belum paham cara berjualan secara online.

Selain bagi pelaku bisnis, calon pekerja di bidang sales dan marketing pun makin banyak peminat. Terbuka luasnya kesempatan mereka untuk meraih klien secara online mendorong mereka untuk mempelajari teknik yang lebih efektif untuk itu.

Opsi pelatihan online untuk topik berjualan online meliputi cara membuat konten iklan di berbagai media, tips bersaing dengan penjual online lain, telesales, operasional e-commerce, dan sebagainya. Bahkan, banyak juga yang berminat mengikuti program mentoring online secara privat demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Soft Skill

Dunia kerja yang penuh kompetisi menuntut para kaum prakerja untuk memiliki lebih dari sekedar keterampilan praktis. Agar lebih memiliki keunggulan, setiap individu juga perlu mengasah soft skill mereka. Apalagi, banyak fresh graduate yang gagal lolos seleksi rekrutmen karena soft skill mereka yang masih terlalu minim.

Adapun jenis kelas soft skill yang banyak dicari oleh para pencari kerja antara lain kemampuan public speaking, pelayanan pelanggan, etiket, negosiasi, dan kepemimpinan. Tak dipungkiri, hal-hal tersebut memang merupakan modal utama dalam hampir setiap jenis pekerjaan. Bahkan, untuk menjadi entrepreneur pun membutuhkan berbagai soft skill sebagai bekal dasar.

Kepenulisan

Menulis adalah salah satu opsi mencari uang yang dinilai paling praktis karena bisa dikerjakan dari mana saja. Menyusun tulisan, baik berbentuk artikel, konten sosial media, jurnal, maupun buku, bisa dikerjakan hampir di mana saja dan kapan saja. Potensi penghasilannya pun bisa cukup besar bila kualitas tulisannya mumpuni.

Namun, prakteknya tidak semudah itu. Menulis ternyata memerlukan berbagai strategi dan keahlian agar hasilnya memuaskan untuk dibaca. Maka dari itu, tidak mengherankan bahwa kepenulisan menjadi salah satu kelas online prakerja yang paling populer.

Adapun jenis kepenulisan yang diminati pun beragam, mulai dari copywriting, content writing, menulis cerita, hingga menulis buku untuk diterbitkan. Bahkan, program mentoring secara privat dan intensif pun bisa meraup banyak peminat.

Desain Multimedia

Sama halnya dengan kepenulisan, desain multimedia seperti grafis, animasi, dan video pun banyak dinilai sebagai cara praktis meraup keuntungan secara online. Dengan adanya teknologi, proses desain pun menjadi cenderung jauh lebih mudah.

Adapun kelas online prakerja di bidang multimedia yang paling banyak diminati adalah desain grafis berbasis canva dan corel draw. Selain itu, image dan editing juga menyusul kepopulerannya. Apalagi, saat ini, banyak orang berminat menjadi konten kreator di sosial media.

Kemampuan multimedia akan sangat bermanfaat bukan hanya pada masa prakerja. Namun, ketika sudah bekerja pun, keahlian ini masih bisa dilanjutkan sebagai hobi atau sumber penghasilan tambahan.

Literasi Keuangan

Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya literasi keuangan semakin meningkat akibat krisis selama pandemi. Maka, tak heran bila semakin banyak orang yang ingin bisa mengelola keuangan mereka bahkan sebelum mulai mendapatkan gaji. Tujuan akhirnya tentu saja adalah kemerdekaan finansial.

Ada banyak kelas literasi keuangan yang bisa diikuti, misalnya ada pengelolaan pemasukan dan pengeluaran, perencanaan finansial keluarga, dan bahkan manajemen pelunasan hutang. Lebih dari itu, kelas belajar investasi juga menjadi program pelatihan online tak kalah populer.

Kelas online prakerja telah banyak membawa pengaruh positif. Dengan berbagai pengembangan ilmu dan kemampuan yang didapat melalui pelatihan online, para individu tersebut menjadi lebih matang dan percaya diri untuk bersaing secara sehat di dunia kerja.