Kursus Online Anak Paling Populer Selama Pandemi

Kursus Online Anak Paling Populer Selama Pandemi

  • Teachmint
    Teachmint

Akhir-akhir ini, banyak orang tua yang rajin mencari kegiatan ekstrakurikuler atau kursus tambahan di luar pelajaran sekolah untuk anak. Bagi anak-anak sendiri pun, kelas seperti ini bisa menjadi kesempatan mereka untuk mengeksplorasi bakat dan minatnya. Namun, karena alasan kepraktisan dan pandemi, sistem daring pun menjadi lebih banyak diminati. Dari berbagai jenis kursus online anak yang tersedia di Indonesia, berikut adalah beberapa yang populer.

Calistung / Literasi Numerasi

Kursus online anak yang paling ramai selama masa pandemi adalah kelas baca tulis dan berhitung dasar bagi anak kecil, terutama yang sedang duduk di jenjang TK B. Sebagian besar orang tua menganggap bahwa calistung adalah kemampuan yang wajib dikuasai anak sebelum masuk SD.

Literasi Numerasi

Selain kemampuan baca-tulis-hitung dasar, beberapa lembaga pendidikan calistung juga menawarkan kelas literasi dan numerasi untuk jenjang yang lebih tinggi. Bukan sekedar bisa membaca saja, kelas literasi mengasah kemampuan murid dalam memahami bacaan, menyusun cerita runut, menganalisa informasi, dan menarik kesimpulan. Sementara itu, numerasi adalah seputar pemahaman matematika dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk menghimpun data, memecahkan persoalan, dan menemukan jawaban.

Arts and Crafts

Kegiatan membuat kreasi kesenian bukan hanya sekedar mengasah bakat dan minat dalam bidang seni, namun juga bisa menjadi stimulasi motorik halus. Ini akan sangat bermanfaat bagi proses belajarnya nanti. Kreasi seni yang digemari pun beragam, mulai dari menggambar, mewarnai, melukis, hingga membuat prakarya. Tentunya, tingkat kerumitannya pun disesuaikan dengan kategori usia anak.

Salah satu hal yang menjadi perhatian orang tua dalam memilih kelas online anak yang seperti ini adalah jenis peralatan yang diperlukan. Biasanya, orang tua cenderung malas bila harus mencari terlalu banyak jenis barang untuk keperluan prakarya anak. Maka dari itu, mereka cenderung memilih kelas yang bahan-bahannya mudah atau justru sudah disediakan oleh pihak penyelenggara.

Fun English

Dengan jaman yang serba modern seperti sekarang, bahasa Inggris pun perlu diajarkan sedini mungkin. Maka, tak mengherankan bila kegiatan ekstrakurikuler online anak yang satu ini pun ramai peminat. Biasanya, kelas bahasa Inggris anak dikemas dengan program yang menyenangkan, sehingga terasa seperti bermain-main. Semakin seru kelasnya, biasanya semakin banyak anak-anak yang ikut bergabung.

Pengenalan Coding

Kemampuan coding diramalkan akan menjadi keahlian dasar yang perlu dikuasai oleh semua orang, sama halnya seperti kemampuan literasi dan berhitung. Oleh sebab itu, tak ada salahnya mengenalkan coding sejak masih usia belia. Apalagi, saat ini ada teknologi coding berbasis block seperti Scratch Jr. yang mudah dan menyenangkan untuk dipelajari anak kecil.

Robotic dan Engineering

Kelas coding juga seringkali ditawarkan sepaket dengan kelas robotik dan teknologi. Tingkat kerumitannya tentu saja disesuaikan dengan kemampuan anak. Meski kebanyakan murid belum bisa sepenuhnya memahami konsep teknologinya secara penuh, setidaknya hal ini sudah sangat efektif untuk mengenalkan anak terhadap ilmu engineering.

Eksperimen Sains

Kursus online anak yang berbasis pada project langsung memang selalu menarik, apalagi jika dikemas dengan ilmu sains. Eksperimen bukan hanya membuat anak semakin mudah memahami konsepnya, namun mereka juga akan semakin tertarik untuk belajar lebih banyak.

Agar tidak repot, para orang tua kebanyakan lebih memilih kelas eksperimen sains yang perlengkapannya disediakan langsung oleh lembaga kursusnya. Paket peralatan biasanya dikirim ke rumah masing-masing murid, sehingga orang tua tidak perlu repot menyiapkannya sendiri.

Yoga Anak

Di Indonesia, tren yoga yang pada awalnya hanya populer di kalangan wanita dewasa kini telah merambah ke anak-anak. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari kegiatan sederhana ini, antara lain kekuatan postur tubuh, pengendalian emosi, kebugaran tubuh, mindfulness, dan fleksibilitas tubuh. Kegiatan fisik ini juga sangat memungkinkan diterapkan dalam bentuk ekstrakurikuler online anak.

Tari

Kegiatan menari juga merupakan hal yang sangat diminati oleh anak kecil, terutama para anak perempuan. Apalagi, dengan trend TikTok yang belakangan ini mulai populer di kalangan anak. Menari juga bisa menyalurkan energi dan mengekspresikan keceriaan, yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental anak.

Ekstrakurikuler online anak adalah solusi agar anak bisa tetap produktif meski harus diam di rumah selama pandemi. Selain itu, kegiatan positif seperti ini juga akan memacu anak untuk tetap berkembang sesuai dengan bakat dan minatnya. Terlebih lagi, opsi kursus online anak seperti ini pun memberikan kesempatan bagi anak-anak yang tinggal di kota kecil, dimana opsi kegiatan anak sangatlah minim.