Menyelenggarakan Virtual Field Trip untuk Sekolah Online

Menyelenggarakan Virtual Field Trip untuk Sekolah Online

  • Teachmint
    Teachmint

Field trip adalah kegiatan sekolah yang mendidik sembari menghibur. Dengan sistem sekolah yang bergeser ke basis online, field trip juga bisa dialihkan menjadi virtual field trip. Meski tidak melakukannya secara fisik, virtual field trip untuk sekolah online tetap bisa memberikan suatu pengalaman yang berharga selama pihak sekolah mampu merencanakannya dengan baik.

Bagaimana Cara Menyelenggarakan Virtual Field Trip?

Ada banyak metode yang bisa ditempuh untuk menyelenggarakan virtual field trip. Untuk memilih metode mana yang sebaiknya ditempuh, pihak sekolah perlu mempertimbangkan kondisi lokasi tujuan, budget, serta kemampuan sekolah untuk mengeksekusinya. Berikut terlampir beberapa metode yang dapat dipakai pihak sekolah dalam menyelenggarakan virtual field trip untuk sekolah online.

Video Kualitas Tinggi

Menggunakan video walkthrough berkualitas tinggi akan memberikan sensasi yang nyata. Video ini bisa saja dikumpulkan dari berbagai sumber di internet maupun dengan merekamnya sendiri secara langsung. Untuk metode satu ini, sekolah harus mampu menghadirkan ragam video menarik agar murid mampu untuk memperhatikan dengan baik tanpa ingin meninggalkan acara.

Live Streaming

Berbeda pula dengan metode live streaming. Metode satu ini mengedepankan komunikasi dua arah yang dikemas dalam bentuk live streaming yang kini bisa ditemukan pada beberapa platform. Sebut saja Instagram, facebook, dan Youtube telah mengeluarkannya sebagai alternatif penyampaian pesan secara lisan dan langsung. Dengan begitu murid akan merasakan pengalaman yang nyata sekaligus berbicara kepada pemandu secara langsung.

Google Earth dan Google Street View

Untuk penggunaan google street view, pihak sekolah mungkin perlu mempelajari lebih dahulu teknik penggunaannya agar acara virtual field trip untuk sekolah online bisa berjalan menyenangkan. Keuntungan dari metode ini adalah murid bisa diajak untuk menjelajahi tempat dengan penglihatan teknologi 360 tanpa pihak sekolah perlu mendatangi lokasinya.

Keuntungan Virtual Field Trip

Beberapa keuntungan yang ditawarkan dari metode satu ini pun tidak main-main. Pihak sekolah, orang tua dan juga murid akan merasakan dampaknya secara nyata dengan teknologi baru yang menyenangkan.

Aman dari Resiko Pandemi

Munculnya tren menyelenggarakan virtual field trip untuk sekolah online memang berdasarkan dengan keadaan pandemi. Hal tersebut membuat jenis field trip satu ini lebih aman dari resiko penularan. Murid akan tetap berada di rumah masing-masing namun bisa merasakan suasana yang menyenangkan dari layar tanpa khawatir resiko penularan penyakit.

Hemat Biaya dan Juga Waktu

Tidak perlu menghabiskan banyak biaya dan waktu pun menjadi andalan dalam penyelenggaraan virtual field trip. Baik pihak sekolah maupun orang tua tidak perlu lagi menyisihkan banyak waktu dan biaya yang biasanya harus dikeluarkan untuk melakukan field secara langsung. Sebut saja biaya penyewaan transportasi pengangkutan murid yang pastinya tidak akan dikeluarkan.

Jangkauan Lebih luas

Virtual field trip untuk sekolah online dapat menjangkau area yang lebih luas. Itulah mengapa dapat meminimalisir adanya beberapa faktor kendala bila dilakukan secara langsung. Seperti salah satunya adalah medan yang sulit dijangkau. Pihak sekolah yang menyelenggarakan field trip dapat mengunjungi tempat manapun tanpa adanya keterbatasan.

Informasi yang Disampaikan Lebih Detail

Bila dalam penerapan field trip secara langsung pemaparan terkadang tidak mendalam, dengan menyelenggarakan virtual field trip, informasi yang disampaikan dapat dikomunikasikan secara detail. Hal tersebut dikarenakan adanya bantuan visual berupa teks, gambar dan penjelasan lisan yang lebih terperinci dan tidak terkesan diburu oleh waktu.

Tips Virtual Field Trip

Untuk mengadakan virtual field trip, sebaiknya pihak sekolah memperhatikan beberapa tips yang dapat memudahkan dan membuat acara tersebut berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini berkaitan erat dengan kepuasan murid dan kinerja dari pihak sekolah.

Riset Informasi dan Ilmu Pendukung

Hal utama yang perlu pihak sekolah lakukan dalam melakukan virtual field trip untuk sekolah online adalah riset. Riset perlu dilakukan secara langsung bila memungkinkan dengan perwakilan yang ditunjuk. Selain itu usahakan untuk mencari beberapa informasi pendukung dalam menentukan pilihan tempat yang dituju. Hal ini dikarenakan terkait dengan sasaran pendidikan yang dituju.

Beri Pilihan

Memberikan ragam pilihan tempat field trip kepada murid menjadi salah satu bagian dari musyawarah. Murid akan diajak untuk terjun langsung memilih, apa hal yang mereka sukai tanpa harus mengikuti kehendak sekolah. Dengan begitu, para murid akan sangat antusias menyambut dan informasi yang ingin pihak sekolah sampaikan pun dapat terekam dengan baik tanpa paksaan.

Maksimalkan Dress Code

Penggunaan dress code pun sangat disarankan saat field trip berlangsung. Walaupun berada di rumah masing-masing, suasana yang menyenangkan akan terbangun dari penggunaan dress code. Apalagi bila sesama teman-temannya pun melakukan hal yang serupa.

Buat Aktivitas Kelas

Setelah field trip selesai dilakukan, gunakan sedikit waktu sebagai ajang untuk evaluasi bersama. Caranya adalah dengan membuat beberapa aktivitas kelas yang menarik dengan menyisipkan beberapa pertanyaan terkait dengan virtual field trip yang sebelumnya berlangsung. Dengan begitu, baik pihak sekolah maupun orang tua murid bisa menilai apakah acara tersebut berhasil dengan baik atau perlu perbaikan di kemudian hari.

Menghadirkan pembelajaran yang lebih bermakna dan menyenangkan adalah tugas dari pihak sekolah. Apalagi dengan adanya tuntutan yang tidak mudah dalam era pandemi yang waktunya tidak dapat diprediksi kapan akan berakhir. Dengan adanya kesempatan untuk bereksplorasi pada hal baru dengan menghadirkan virtual field trip, disarankan pihak sekolah mampu mengikuti perkembangan teknologi dan tetap mengkaji agar pendidikan Indonesia bisa lebih baik lagi.