5 Cara Praktis Membuat Murid Takjub Saat Pembelajaran Jar...

5 Cara Praktis Membuat Murid Takjub Saat Pembelajaran Jarak Jauh

  • Teachmint
    Teachmint

Jika kita mencari di internet, cukup banyak sumber yang menjelaskan bagaimana murid bisa membuat takjub gurunya. Tetapi, sangat sedikit sumber tentang bagaiman seorang guru bisa membuat takjub muridnya. Hal ini tentu merupakan sebuah masalah, sebab untuk membuat takjub murid, adalah hal yang wajib dilakukan guru agar murid memiliki ketertarikan atau rasa ingin tahu (curiosity) saat mengikuti pembelajaran dari rumah.

Oleh sebab itu, di artikel ini akan dibahas lima cara praktis yang bisa kamu coba mulai besok untuk membuat murid takjub saat belajar online. Kelas berapapun yang kamu ajar, atau mata pelajaran apapun yang kamu ajar, hal-hal berikut ini bisa diterapkan. Harapannya, cara-cara ini bisa menolongmu untuk memberikan โ€˜bumbuโ€™ dalam kegiatan belajar mengajar sehingga membuat pembelajaran online sekarang ini semakin bermakna. Simak penjelasannya.

Cerita Pengalaman Keberhasilan

Semua orang suka cerita, bukan? Menceritakan pengalaman keberhasilan berarti guru membagikan pengalaman dimana ia berhasil mencapai sesuatu. Saat guru melakukan ini, murid akan terpukau karena mereka akan melihat guru tersebut dari perspektif lain dimana ia melakukan sesuatu yang hebat. Bahkan, ini juga bisa menjadi teladan bagi murid untuk melakukan hal positif yang sama.

Dalam penerapannya, ini bisa dilakukan secara daring. Beberapa contoh yang bisa diceritakan oleh guru terkait bisa dari hal yang sederhana hingga besar. Misalnya, (1) keberhasilan dalam membangun kebiasaan yang baru, seperti menabung, bangun pagi, berolahraga, atau membaca buku. Selain itu, bisa juga tentang (2) keberhasilan dalam meraih kejuaraan dalam suatu perlombaan tertentu, dan (3) keberhasilan dalam mendapatkan beasiswa saat kuliah.

Cerita Pengalaman Kegagalan

Selain pengalaman keberhasilan, guru juga bisa menceritakan pengalaman kegagalan. Ini perlu dilakukan agar keseimbangan dapat terjadi. Dengan melakukannya, murid akan mengerti bahwa hidup ini tidak selalu berjalan dengan mulus. Selain itu, harapannya juga murid akan belajar dari kesalahan atau kegagalan guru agar di masa depan mereka dapat melakukan hal yang baik. Hal ini juga akan menyadarkan murid bahwa guru juga seorang manusia, bukan seorang sempurna.

Untuk bercerita, sama seperti sebelumnya, bisa dilakukan secara online. Contoh-contoh topik yang dapat diceritakan guru mengenai kegagalan juga bisa dari yang kecil hingga luar biasa. Hal ini meliputi (1) kegagalan dalam membangun disiplin spiritual, seperti rutin berdoa dan membaca Kitab Suci. Selain itu, bisa juga (2) kegagalan dalam membangun relasi dengan orang lain, seperti dengan keluarga dan teman. Selanjutnya, (3) kegagalan dalam mencapai tujuan.

Melakukan Trik Sulap Pelajaran

Pada zamannya, trik sulap adalah hal yang sangat menarik bagi semua orang. Acara sulap dulu banyak ditampilkan di TV, walau sekarang sudah jarang karena banyak trik yang telah diungkapkan di internet. Dalam konteks sekolah, trik sulap bukan tentang hal yang umum atau supranatural. Tetapi, terkait dengan teori, aturan, atau prinsip yang sudah dipelajari dalam suatu topik mata pelajaran tertentu. Jadi, โ€˜sulapโ€™ di sini terjadi oleh karena sains.

Biasanya, trik ini dilakukan dalam mata pelajaran Matematika, dan bisa dilakukan secara daring. Salah satu contohnya, yakni saat mempelajari topik operasi hitung campuran. Mintalah murid untuk memikirkan angka dari 1 hingga 10. Lalu, minta mereka mengalikannya dengan 6. Selanjutnya, tambah dengan 11, dikalikan lagi dengan 2, ditambah lagi dengan 14, dan bagi dengan 12. Terakhir, kurangilah dengan angka yang dipilih pertama. Hasilnya adalah 3!

Menguji atau Eksperimen Teori Pelajaran

Menguji atau demonstrasi dari teori pelajaran adalah suatu hal yang menyenangkan. Tentunya, ini akan membuat murid takjub juga. Saat guru menguji sebuah teori, ini berarti ia sedang membuat eksperimen untuk membuktikan apakah teori tersebut benar adanya. Manfaat yang akan didapatkan murid melalui aktivitas ini adalah memahami bahwa dalam setiap hal yang kelihatan, ada fondasi ilmiah atau teori yang tidak kelihatan.

Memang ini lebih gampang dilakukan secara langsung, seperti eksperimen sangat terkenal yang dilakukan oleh Prof. Walter Lewin tentang energi potensial pada sebuah pendulum. Tapi, ada opsi yang dapat dilakukan secara virtual, dan paling banyak dalam mata pelajaran Fisika dan Kimia. Sebagai contoh, ada beberapa aplikasi yang menyediakan simulator dari (1) percobaan listrik sederhana, (2) energi potensial & kinetik, serta (3) massa jenis atau density.

Mengingat Nama Murid

Seorang murid akan sangat terkesan jika guru mengingat namanya. Bagi murid, untuk mengingat nama gurunya adalah hal yang lebih gampang dilakukan. Di lain sisi, bagi guru, ini lebih sulit untuk dilakukan sebab pada satu tahun ajaran, satu guru bisa mengajar puluhan hingga ratusan murid, dimana murid hanya diajar oleh guru dengan jumlah yang bisa dihitung jari. Saat guru mengingat nama murid, murid akan merasa ia diingat, dikasihi, dan dihargai.

Oleh karena ini adalah hal yang menantang bagi guru, perlu ada trik untuk melakukannya. Misalnya, guru harus lebih intens memanggil nama murid. Ini bisa melalui pemberian pertanyaan, menanyakan pendapat, dan membuka kesempatan bertanya. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan rutin mengadakan absensi, bisa secara harian maupun mingguan. Selanjutnya, guru juga bisa mendoakan dua hingga tiga murid tiap harinya dengan menyebut nama mereka.

Bagaimana, sangat mudah bukan? Kelima cara ini dapat dilakukan guru saat mengajar secara online, baik untuk menarik perhatian mereka di awal pelajaran atau selingan dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan melakukan ini, harapannya murid akan lebih tertarik untuk menjalani belajar dari rumah. Jika ada pertanyaan, silahkan bagikan di kolom komentar ya. Jangan lupa juga untuk membagikan ini kepada rekan guru yang membutuhkan. Selamat mencoba!