Mencegah Stress Saat Mengajar Online

Mencegah Stress Saat Mengajar Online

  • Teachmint
    Teachmint

Jika belum terbiasa, mengajar online adalah salah satu tantangan besar bagi seorang guru. Oleh sebab itu, sebaiknya para guru menerapkan berbagai tips jitu berikut ini untuk mencegah stress saat mengajar online. Seiring berjalannya waktu, Anda akan menemukan ritmenya dan cenderung bisa lebih menikmati segala prosesnya.

Tetapkan Jadwal dan Rutinitas

Salah satu penyebab jenuhnya bekerja dari rumah adalah karena minimnya batasan waktu antara kehidupan pribadi dan pekerjaan. Yang mana, keadaan seperti ini justru akan membuat Anda merasa seperti bekerja 24 jam dalam sehari.

Solusinya, buatlah jadwal yang pasti untuk melakukan pekerjaan, baik itu mengajar ataupun memberi nilai pada tugas murid. Buatlah juga rutinitas sebelum mulai dan sesudah bekerja agar terasa proses transisinya. Dengan adanya pemisahan waktu seperti ini, Anda akan lebih mudah untuk menikmati waktu Anda di luar jam kerja.

Tegaskan Batasan

Jadwal dan rutinitas yang sudah Anda buat tadi sebaiknya benar-benar diterapkan secara tegas. Biasakan untuk tidak melakukan kegiatan seputar pekerjaan di luar jam kerja.

Selain itu, sampaikan juga kepada murid, orang tua murid, dan kolega Anda untuk menghubungi Anda pada jam kerja. Tidak perlu merasa bersalah bila menunda membalas pesan atau email yang datang di luar jam tersebut, kecuali jika ada hal yang mendesak. Jika ada yang mengganggu Anda untuk urusan mengajar, sampaikan bahwa Anda akan mengurusnya di jam kerja nanti. Dengan begini, Anda bisa fokus dengan kehidupan Anda di luar pekerjaan.

Sediakan Ruang

Batasan sebaiknya bukan hanya seputar waktu, namun juga ruang. Untuk itu, sediakan tempat sendiri untuk mengajar. Atur dan dekorasikan tempat tersebut agar terasa nyaman dan memotivasi. Spot yang mendukung seperti ini pastinya ampuh untuk mencegah stress saat mengajar online.

Rencanakan Kelasmu

Secara psikologi, membuat rencana adalah cara yang ampuh untuk mengurangi kecemasan. Dengan rancangan kelas yang matang, Anda akan lebih tenang dan percaya diri saat mengajar online. Logikanya, dengan adanya rencana, kelas online juga cenderung akan berjalan lebih terarah dan minim kendala, sehingga lebih aman dari berbagai resiko yang bisa memicu stress.

Antisipasi Masalah

Salah satu penyebab utama stress adalah ketika masalah muncul dan mengacaukan proses belajar mengajar. Oleh sebab itu, antisipasi masalah adalah penting untuk mencegah stress saat mengajar online. Cobalah untuk mengikuti berbagai tips berikut ย untuk meminimalkan resiko munculnya masalah tak terduga pada saat mengajar online.

Tidur Cukup

Meski terdengar sepele, faktanya banyak riset yang telah membuktikan bahwa kurang tidur dan pola makan buruk dapat meningkatkan resiko stress. Maka dari itu, hindarilah tidur terlalu malam ketika Anda ada jadwal mengajar di keesokan harinya.

Jangan Lupa Makan

Makan sama pentingnya dengan tidur. Pasalnya, bekerja saat perut kosong akan menyebabkan otak tidak dapat bekerja secara optimal dan hormon pun cenderung kurang stabil. Selain mudah stress, mengajar dalam kondisi lapar juga membuat Anda tidak fokus dan gampang emosi.

Cari Variasi

Hindari metode mengajar yang itu-itu saja. Cobalah berbagai teknik lain untuk menyampaikan materi dan memancing interaksi dengan para murid. Variasi juga bisa berupa pilihan pakaian yang Anda gunakan saat mengajar, background layar, dan sebagainya. Adanya variasi bisa membuat kegiatan mengajar semakin seru untuk Anda, sehingga bisa mencegah stress saat mengajar online.

Luangkan Waktu untuk Kegiatan Outdoor

Mengajar dari rumah bukan berarti Anda harus tetap berada di dalam rumah sepanjang waktu. Untuk mencegah stress saat mengajar online, coba manfaatkan waktu luang Anda untuk kegiatan fisik di luar rumah. Bahkan, jogging 20 menit sebelum mengajar juga dapat membuat emosimu lebih tenang dan terkendali.

Belajar tentang Psikologi Anak

Terkadang, guru mengalami stress karena menghadapi murid yang cenderung sulit. Maka dari itu, penting bagi guru untuk memiliki ilmu tentang psikologi dan tumbuh kembang anak. Dengan begitu, Anda bisa lebih memahami akar masalah dan karakteristik para murid dengan lebih baik. Bukan saja Anda bisa lebih memahami mereka, namun Anda juga akan tahu lebih pasti bagaimana harus bersikap. Masalah akan lebih mudah diminimalisir, sehingga Anda juga akan lebih terhindar dari stress.

Jangan Ragu Berkomunikasi

Jika ada masalah mengenai kelas, cobalah untuk mengkomunikasikannya dengan pihak lain agar bisa dicari solusinya bersama. Anda bisa berdiskusi dengan sesama guru atau pihak management sekolah. Jika masalahnya berkaitan dengan murid, bisa juga hal tersebut dikomunikasikan langsung kepada yang bersangkutan jika memungkinkan.

Adaptasi memang diperlukan untuk transisi dari mengajar langsung ke sistem mengajar online. Namun, setelah menguasai cara menyusun kelas yang efektif dan mencegah stress saat mengajar online, Anda pasti akan semakin merasakan betapa menguntungkannya sistem belajar secara virtual seperti ini.