Tips Menyelenggarakan Pesta Kelas Online yang Seru dan Berkesan

Tips Menyelenggarakan Pesta Kelas Online yang Seru dan Berkesan

  • Teachmint
    Teachmint

Biasanya, di akhir semester atau tahun ajaran, setiap kelas akan mengadakan pesta kecil-kecilan untuk merayakan selesainya pembelajaran. Meski sederhana, acara ini biasanya sangat berkesan karena para murid merasa lega telah berhasil menempuh sebuah proses belajar sembari menyambut datangnya masa liburan yang penuh kesenangan. Keakraban antar murid juga cenderung akan terjalin dengan lebih erat berkat adanya acara ini. Pertanyaannya, apakah pesta kelas online juga bisa menimbulkan kesan mendalam seperti itu?

Selayaknya pesta di kelas tatap muka, pesta kelas online bisa menyenangkan dan berkesan bila dirancang dan diselenggarakan dengan baik. Berikut adalah berbagai tips yang bisa Anda usahakan sebagai guru:

Pastikan Keterlibatan Bersama

Luangkanlah satu sesi kelas online beberapa hari sebelum jadwal pesta untuk melakukan diskusi. Pastikan semua murid terlibat untuk merancang acara agar mereka merasa bersemangat untuk melakukanya. Tentu saja, guru harus berperan sebagai pemimpin acara diskusi agar obrolannya tetap tertib dan terarah.

Mulailah dengan brainstorming, yaitu mengumpulkan berbagai ide dari para murid yang menurut mereka akan seru untuk dilakukan saat pesta kelas online nantinya. Ide tersebut bisa berupa tema, dress code, aktivitas, dan lain sebagainya.

Matangkan Tema

Hal pertama yang harus ditentukan adalah tema pestanya. Adanya tema diperlukan untuk memastikan semuanya kompak dan estetik. Tema yang ditentukan harus berdasarkan atas kesepakatan bersama agar semua anak merasa senang. Jika diskusi pemilihan tema cenderung berbelit, kumpulkanlah tiga ide tema yang paling banyak diminati dan mintalah para murid untuk melakukan voting singkat. Tentunya, tema tersebut juga harus pantas untuk usia anak dan tidak menyinggung perasaan murid lain.

Siapkan Kostum dan Properti

Agar pestanya terasa meriah, mintalah para murid untuk menyiapkan kostum, properti, atau bahkan dekorasi background masing-masing. Bebaskan mereka untuk berkreasi dan berkarya sesuai kemampuan dan keinginan sendiri. Hindari mematok standar tertentu, terutama yang membutuhkan kemampuan dan biaya tertentu supaya tidak ada yang merasa terbebani.

Guru juga harus ikut mengenakan kostum dan dekorasi yang sesuai. Bahkan,

Dokumentasi

Kostum, properti, dan dekorasi akan terlihat keren saat dilakukan screenshot atau rekaman video kelas nantinya. Keseruan aktivitas juga harus terekam agar para murid dan guru bisa menyimpan kenangan tersebut. Jangan lupa, pastikan tiap anak juga diambil screenshot atau video pendek masing-masing. Semua gambar nantinya bisa dikumpulkan menjadi sebuah album. Bisa juga dibuatkan sebuah video kompilasi dengan editing yang bagus untuk dibagikan ke platform sosial media.

Pilih Aktivitas dan Permainan

Apa yang akan dilakukan selama pesta akan mempengaruhi seberapa menyenangkan dan berkesannya acara tersebut. Dalam hal ini, guru juga harus bisa memilih jenis aktivitas dan permainan untuk dilakukan, bukan hanya sekedar mengumpulkan ide dari para murid. Terkadang, ide yang disampaikan murid terdengar seru bagi mereka, namun belum tentu akan benar-benar menyenangkan.

Tidak perlu menceritakan kepada para murid mengenai kegiatan apa saja yang akan Anda selenggarakan selama acara nanti. Namun, pastikan untuk memberi informasi yang jelas mengenai properti yang perlu mereka sediakan jika ada. Sebagai contoh, dalam pesta kelas online bertajuk HUT Kemerdekaan RI, Anda bisa meminta murid menyiapkan sendok dan kelereng untuk lomba virtual.

Siapkan Hadiah

Mempersiapkan hadiah kecil untuk para pemenang akan menambah keseruan pesta kelas online. Untuk hal ini, Anda boleh saja untuk tidak mengumumkannya terlebih dahulu jika memang ingin menjadikannya sebagai kejutan. Info ini bisa Anda sampaikan saat acara mulai berlangsung. Adanya hadiah akan membuat mereka termotivasi untuk semakin aktif berpartisipasi.

Hadiah sebaiknya bukan untuk pemenang lombanya saja. Namun, sediakan juga beberapa award untuk menambah kemeriahan, misalnya penghargaan untuk kostum terbaik, peserta paling bersemangat, dan sebagainya.

Pastikan Semua Berpartisipasi

Guru harus proaktif dalam memperhatikan para murid selama pesta berlangsung untuk memastikan mereka semua memiliki keterlibatannya masing-masing. Perhatikan ekspresi mereka, adakah yang nampak bosan atau tidak tertarik? Tingkatkan interaksi jika mood pesta cenderung menurun. Di sini, guru juga perlu kreatif untuk menjaga suasana pesta tetap hidup.

Breakout Room Jika Perlu

Seperti halnya kelas belajar online biasa, breakout room juga bisa menjadi ajang sosialisasi yang baik bagi para murid. Ada banyak pilihan aktivitas breakout room yang bisa Anda arahkan ke para murid. Misalnya, melakukan lomba antar satu sama lain dalam sebuah ruang breakout, menjalani lomba kelas secara berkelompok dengan tim breakout room masing-masing, dan lain sebagainya.

Keterbatasan jarak bukanlah penghalang untuk mencapai keseruan dan keakraban. Faktanya, cara mempersiapkan sebuah pesta kelas online pun tak jauh berbeda dengan cara mempersiapkan event yang sama secara tatap muka. Perbedaan hanyalah pada detail teknisnya saja.