Tips Sukses Menyelenggarakan Program Kelas Bahasa Inggris Online

Menyelenggarakan Program Kelas Bahasa Inggris Online

  • Teachmint
    Teachmint

Di satu sisi, bisnis kelas bahasa Inggris online memang sangat menjanjikan. Banyaknya peminat dari berbagai kalangan tentunya merupakan peluang besar untuk para pihak penyelenggara pendidikan. Meski demikian, perlu usaha dan strategi yang matang oleh setiap lembaga supaya bisa sukses bersaing dengan kompetitor.

Mudah saja, Anda cukup menerapkan berbagai tips berikut:

Tentukan Tujuan Belajar yang Spesifik

Setiap program yang Anda rancang harus memiliki tujuan yang jelas. Sebagai contoh, misalnya Anda membuka kelas bahasa Inggris anak. Apakah Anda bermaksud membuat mereka cukup mahir dalam waktu singkat agar bisa mengikuti orang tuanya tinggal di luar negeri? Ataukah kelas Anda hanya untuk memperkenalkan bahasa ini kepada mereka?

Banyak orang ingin belajar bahasa Inggris. Namun, motivasi dan harapan mereka pun berbeda-beda. Jangan sampai seseorang mendaftar di kelas Anda dengan ekspektasi yang berbeda, karena hanya akan membuatnya kecewa. Hal ini bisa berpengaruh pada review kelas yang Anda pasarkan.

Tentu saja, Anda juga bisa menyusun lebih dari satu program agar bisa menjangkau lebih banyak kalangan. Namun, perlu diperhatikan bahwa tiap program mungkin akan memerlukan strategi dan pendekatan yang berbeda dari program belajar Anda lainnya.

Spesifikkan Parameter Keberhasilan

Tujuan belajar bisa dibuat lebih spesifik dengan menentukan parameter apa saja yang bisa dijadikan sebagai indikasi keberhasilan. Dengan begini, calon murid pun paham apa yang bisa mereka ekspektasikan dari kelas ini. Biasanya, parameter yang realistis pun akan lebih menarik bagi para calon pelajar.

Adanya parameter juga membuat kesuksesan kelas Anda menjadi lebih terarah dan terukur. Ini akan memudahkan proses evaluasi agar Anda bisa menciptakan kelas bahasa Inggris online yang lebih efektif di kemudian hari.

Tentukan Target Market

Dari tujuan belajar yang spesifik, Anda bisa menentukan orang-orang dari kalangan manakah yang bisa terpuaskan dengan program yang Anda tawarkan. Dengan begitu, Anda bisa menyusun strategi pemasaran yang efisien dengan jangkauan target yang lebih sempit.

Menjalankan kelas dengan murid-murid dari kalangan yang sama pun akan lebih mudah. Ditambah lagi, biasanya para murid pun akan lebih termotivasi bila merasa memiliki persamaan dengan para peserta lainnya.

Survey Kompetitor

Fokus pada program sendiri memang baik, namun bukan berarti Anda tidak perlu mengecek progress orang lain. Sebaliknya, melakukan survey ke para kompetitor justru bisa memberi inspirasi untuk merancang kelas yang lebih baik lagi.

Cari tahu kelebihan dan kelemahan antara program Anda dengan berbagai kelas bahasa Inggris online yang populer. Dari situ, pastikan Anda bisa mempertahankan kelebihan tersebut sembari mencari solusi untuk faktor-faktor yang menjadi kelemahan pada program Anda. Pastikan program yang Anda tawarkan memiliki keunggulan yang tidak mudah ditemui dari lembaga lain.

Rekrut Native Speaker

Apapun jenisnya, kelas bahasa Inggris online dengan native speaker pasti akan lebih ramai peminat. Selain karena berkesempatan belajar pronounciation yang sempurna, guru native speaker juga akan memberikan pengalaman belajar yang lebih unik dan berkesan. Manfaat lain dari kehadiran native speaker adalah untuk memberikan murid gambaran mengenai ยฒbagaimana aksen dapat mempengaruhi pronunciation.

Jika merekrut native speaker tidak memungkinkan, Anda bisa menggunakan berbagai video dan audio dari berbagai sumber yang legal. Pastikan pengisi suara dalam konten tersebut adalah seorang native speaker. Setelah itu, ujilah murid untuk mengecek apakah mereka mampu menangkap apa yang dibicarakan dalam video/audio tersebut.

Tugas Praktek Secara Langsung

Luangkan satu sesi khusus pada saat kelas dimana murid berkesempatan untuk mempraktekkan secara langsung apa yang sudah mereka pelajari, baik itu dalam bentuk lisan atau tulisan. Dengan begini, murid bisa mendapatkan feedback dan koreksi langsung. Mempraktekkan apa yang dipelajari juga bermanfaat untuk memacu rasa percaya diri dan motivasi belajar.

Tantangan untuk praktek bisa juga diberikan dalam bentuk tugas mandiri untuk dikerjakan di luar sesi kelas online. Namun, hendaknya hal tersebut hanya sebagai tambahan saja. Praktek langsung saat kelas masih tetap perlu ada.

Pre-Test dan Post-Test

Memberi pre-test di awal program akan memberikan gambaran tentang sejauh mana kemampuan murid dalam berbahasa Inggris. Dengan begitu, Anda akan tahu materi pembelajaran yang mana yang paling perlu difokuskan.

Selanjutnya, hasil post-test pada akhir program dapat dibandingkan dengan hasil pre-test untuk mengukur sejauh apa perkembangan murid setelah mengikuti program. Ini bisa menjadi salah satu parameter keberhasilan dan sebagai bahan evaluasi program.

Seiring berjalannya waktu, kemampuan bahasa Inggris semakin dianggap penting oleh berbagai kalangan masyarakat. Dan ketimbang kelas tatap muka yang serba terbatas, kelas bahasa inggris online jelas lebih menarik bagi banyak orang. Asalkan Anda bisa merancang sebuah program belajar yang menyenangkan dan efektif, tentunya hal ini akan menjadi peluang bisnis yang sangat prospektif.